Amalan untuk Mudah Rezeki

Author: | Posted in Islam No comments
uang dan kotak

kotak uang
Sumber: pixabay.com

Banyak diantara kita yang mempunyai masalah dalam hal keuangan dan sesuatu yang berhubungan dengan uang. Dalam mendapatkan uang atau rezeki ada beberapa cara seperti bekerja dengan bersungguh-sungguh dan berdoa ataupun beribadah.

Kali ini kita akan membahas apa saja amalan untuk mudah rezeki. Karena rezeki datangnya dari allah, kita harus meminta dan menjemput rezeki tersebut. Banyak sekali amalan untuk mudah rezeki yang dapat kita kerjakan walaupun kita sedang sibuk.

Kita akan membahas artikel ini dengan sedetail mungkin agar kita sama-sama mengerti apa saja amalan untuk mudah rezeki. Kita akan memulainya dengan amalan yang mudah dan bisa dilakukan kapan pun.

1- Bersedekah

memberi dengan bersedekah

Bersedekah
Sumber: gobekasi.pojoksatu.id

Dalam amalan untuk mudah rezeki salah satunya adalah bersedekah. Kenapa? Karena allah akan melipat gandakan rezeki bagi orang yang mau bersedekah sebanyak sepuluh kali lipat. Seperti yang difirmankan allah pada surat Al-hadid ayat 18:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka bagi mereka pahala yang banyak”

Dijelaskan dalam ayat tersebut bahwa orang yang bersedakah laki-laki maupun perempuan akan dilipat gandakan dan akan mendapatkan pehala yang banyak. Dan bersedekah tidaklah memakan banyak waktu, kita dapat melakukannya kapan pun.

Bersedekah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun kita mau bersedekah. Kita tidak diharuskan bersedekah kepada fakir miskin saja, kita dapat bersedekah kepada orang yang bercukupan tetapi dia sedang butuh sesuatu yang mungkin kita punya.

Dalam bersedekah juga ada beberapa syarat agar kita mendapatkan pahala. Karena bisa saja kita bersedekah banyak, tetapi kita tidak mendapatkan pahala karena sesuatu yang salah. dua syarat tersebut adalah:

Ikhlas dan Tidak Mengharap Balasan dari Selain Allah

Ikhlas Sumber: rezkyfirmansyah.com

Ikhlas
Sumber: rezkyfirmansyah.com

Syarat yang pertama adalah ikhlas dan tidak mengharapkan balasan dari selain Allah. Karena kalau kita tidak ikhlas sedekah kita tidak akan diterima oleh allah, karena itu kita harus ikhlas dan harus berniat yang benar agar kita mendapat pahala dari sedekah yang kita laksanakan.

Kita pun tidak boleh mengharapkan balasan dari orang yang kita beri sedekah ataupun orang lain. Contoh, ada orang yang bersedekah dan berharap orang yang kita sedekahi akan memberi balasan seperti memberikan barang yang ia punya juga. Dan kita juga tidak boleh bersedekah hanya karena ingin dilihat orang lain.

Berikan Barang yang Berguna

sedekah dengan barang layak pakai

Sedekah barang berguna
Sumber: twitter.com

Dalam bersedekah kita tidak harus memberikan uang, tetapi kita juga dapat bersedekah menggunakan barang yang kita punya. Akan tetapi, kita harus memberikan barang yang berguna, karena kalau kita memberikan barang yang tidak berguna maka itu sama saja kita tidak ikhlas memberikannya.

Contohnya, Saat ada orang kebanjiran kita bersedekah dengan pakaian-pakaian yang layak pakai, jangan kita memberikan pakaian yang sudah rusak dan robek. Dalam hal ini hampir semua orang sudah mengerti dan jarang orang yang bersedekah dengan barang-barang yang sudah tidak bisa digunakan. tetapi kita tetap harus tau akan hal ini.

2- Sholat Dhuha

sholat dhuha sumber rezeki

rezeki dari sholat dhuha
Sumber: ib-id.blogspot.com

Sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan saat pagi hari dari sekitar 15 menit setelah terbitnya matahari sampai menjelang waktu sholat dzuhur. Dan sholat ini sudah diamalkan oleh banyak orang, dan sampai ada orang mengamalkan sholat ini seperti sebagian dari sholat wajib.

Sholat dhuha dimasukkan kedalam bersedekah. Kenapa? Karena dengan sholat dhuha kita telah mensedekahkan semua bersendian yang ada pada manusia, yaitu 360 persendian. Seperti yang dijelaskan dalam hadist dari Abu Dzar ini,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. (أخرجه مسلم

“Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap tasbiih adalah sedekah, setiap tahmiid adalah sedekah, seiap tahliil adalah sedekah, setiap takbiir adalah sedekah, amar makruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu sholat dhuha.”

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa kita diwajibkan bersedekah kepada semua persendian kita. Dan cara untuk bersedekah kepada semua persendian adalah dengan melaksanakan sholat dhuha dua rakaat. Dan sholat dhuha adalah salah satu amalan untuk mudah rezeki.

3-Membaca Surat Al-Waqi’ah

buku anti miskin dengan surat al-waqiah

anti miskin dengan surat al-waqiah
Sumber: www.tokopedia.com

Surat Al-waqiah adalah surat ke 56 dan terletak pada juz ke-27. Salah satu amalan untuk mudah rezeki adalah dengan membaca surat Al-waqiah setiap harinya. Ada banyak khasiat dari membaca surat Al-waqiah dan salah satunya adalah dipermudah rezeki dan hajatnya.

Imam jafar berkata “Barang siapa yang membaca surat Al-waqiah di waktu pagi hari ketika keluar dari rumahnya untuk berkerja atau mencari kebutuhan, maka allah taala akan mempermudah rezeki dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al-waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang tersebut.” (Khazinatul asrar kubra hal 360)

4- Berdoa

Berdoa sore hari

berdoa
Sumber: www.pesantren-quran.com

Dalam amalan untuk mudah rezeki yang paling penting adalah berdoa. Karena doa adalah senjata paling hebat dari kaum muslimin. Ada beberapa waktu mustajab atau terkabulkan doa. Yaitu:

1- Di Antara Adzan dan Iqomah

Salah satu waktu terkabulkannya doa adalah saat di antara adzan dan iqomah, jadi janganlah kalian lupa atau malah sengaja mengobrol atau melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan ibadah di antara adzan dan iqomah.

2- Sujud dalam Sholat

Waktu terkabulnya doa yang kedua adalah saat sujud dalam sholat apapun. Saat sujud kita akan membaca doa subhanaka robbial a’la wabihamdih dan setelah kita membaca doa tersebut kita dapat berdoa. Tetapi apa bila kita tidak dapat berdoa dengan bahasa arab, kita juga dapat berdoa dengan bahasa lain tetapi hanya di dalam hati.

3- Sebelum Salam Saat Sholat

Ketiga adalah sebelum salam saat sholat, kecuali sholat jenazah karena tidak ada takhiyatnya. Tetapi doa yang dibaca disini bukanlah doa yang kita mau, namun doa untuk dijauhkan dari neraka, fitnah manusia dan fitnah dajjal.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksaan kubur, siksa neraka jahannam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah dajjal almasih”

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

“Wahai zat yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu”

Semua amalan untuk mudah rezeki sudah kita bahas dengan detail, Semoga dapat dilaksanakan dan dapat menambah ilmu kita. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.

No Responses

Add Your Comment