Budidaya Cempedak dengan Mudah

Author: | Posted in flora, Nature No comments
Sumber: foodnsport.com

Sumber: foodnsport.com

Cempedak adalah buah yang berbentuk seperti nangka dan memiliki bau yang menusuk seperti durian. Budidaya Cempedak dapat dijadikan lahan untuk usaha kecil, karena cempedak masih jarang di pasaran modern. Buah ini juga mempunyai harga yang cukup tinggi, jadi dapat menghasilkan untuk yang besar.

Banyak juga orang yang ingin budidaya cempedak untuk dimakan sendiri. Karena buah ini adalah buah yang cukup di gemari di indonesia. Maka dari itu, Kali ini kita akan membahas bagaimana cara budidaya cempedak dengan mudah. Cara menanam dan perawatannya tidak jauh berbeda dengan pohon lainnya.

Syarat Budidaya Cempedak

Sumber: alamendah.org

Sumber: alamendah.org

Ada 3 Syarat yang perlu dipenuhi untuk menanam pohon cempedak ini. Saya akan menjelaskannya.

Iklim

Iklim sangatlah berpengaruh dalam penanaman buah cempeda. Angin berperan dalam penyerbukan bunga yang ada di tanaman cempedak dan pohon cempedak lebih cocok tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan rata-rata 1500-2500 mm dan musim kemarau yang tidak terlalu ekstrim.

Cempedak dapat tumbuh di daerah kering atau di daerah yang memiliki bulan kering lebih dari 4 bulan. Sinar matahari sangatlah diperlukan oleh tanaman cempedak untuk merangsang fotosintesis. Dan kekurangan sinar matahari dapat membuat gangguan pembentukan bunga dan buah cempedak serta memperlambat pertumbuhan.

Rata-rata suhu udara tempat budidaya cempedak minimum 16-21 derajat Celcius dan maksimum 31,5 derajat celcius. Kelembapan yang tinggi diperlukan untuk mengurangi penguapan yang ada.

Media Tanam

Pohon cempedak dapat di budidaya di berbagai jenis tanah, tetapi lebih baik aluvial, tanah liat berpasir yang dalam dan juga irigasi. Pada umumnya, tanaman cempedak ditanam di tanah yang gembur dan sedikit pasir. Tanaman Cempedak dapat hidup di tanah tandus yang subur sampai kondisi asam untuk tanah basa.

Kedalaman tanah yang cocok untuk pohon cempedak adalah 1 sampai 2 meter. Karena akar pohon cempedak bisa sangat dalam, pohon ini harus ditanam di tanah yang memilki ketebalan tanah sekitar 1 meter di lapisan atas. Pohon cempedak juga dapat tahan terhadap pH rendah dengan pH 6 sampai 7,5.

Ketingian Tanah

Ketinggian tanah juga mempengaruhi budidaya cempedak. Pohon cempedak dapat tumbuh di daratan rendah sampai ketinggian awal 1300 meter di atas permukaan laut. Tetapi, ketinggian terbaik untuk budidaya cempedak adalah 0 sampai 800 meter di atas permukaan laut.

Pemilihan Bibit

Sumber: nurserinyaeka.blogspot.com

Sumber: nurserinyaeka.blogspot.com

Pembibitan pohon cempedak biasanya dilakukan melalui bijinya, yaitu dengan melakukan penyemaian biji cempedak dari buah yang tua dan matang. Sebelum penyemaian, biji cempedak harus di bersihkan dagingnya dan lendir-lendir yang terkandung dalam biji. Pembersihan dengan cara mencuci dan menjemur selama 2 jam.

Siapkan polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang secukupnya. Sebelum penyemaian, lebih baik biji cempedak direndam kembali dengan air hangat dan tunggu selama 2 hari rendaman. Pada saat penyemaian, 1 polybag hanya diisi dengan 1 biji cempedak saja.

Penyiraman dilakukan sehari sekali pada sore hari. biaekan bibit cempedak tumbuh sampai mencapai tinggi batang 60 sampai 70 cm dan batang ber diameter sekitar 1,5 cm untuk siap ditanam ke lahan tanam yang permanen. Jika ingin cepat bebuah, lebih baik dilakukan dengan okulasi.

Penyiapan Lahan Tanam Cempedak

Sumber: haveaniasbarat.blogspot.com

Sumber: haveaniasbarat.blogspot.com

Pohon cempedak adalah pohon yang membutuhkan ruang tumbuh yang lumayan luas. Sehingga lahan pohon cempedak haruslah lahan relatif yang luas dan jauh dari bangunan, karena nantinya pohon cempedak dapat merusak struktur bangunan. Dan pohon cempedak harus dibuat jarak antara pohon cempedak lainnya sekitar 10 sampai 12 meter.

Buatlah lubang dengan ukuran 1 meter disetiap sisinya seperti menanam pohon mangga dan dengan kedalaman 50 sampai 60 cm. isi lubang dengan menggunakan pupuk tanam sampai terisi setengahnya. biarkan lubang selama 3 minggu sebelum pohon mangga dipindahkan, tujuannya agar unsur hara dalam pupuk kandang dapat meresap.

Menanam Bibit Pohon Cempedak

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Setelah bibit pohon cempedak siap untuk di tanam, tahap selanjutnya dalam budidaya cempedak adalah memindahkan bibit ke dalam lubang yang sudah disiapkan. Pertama, buka polybag dengan cara merobek polybag dengan perlahan, tujuannya agar tanah yang telah disemai tidak hancur. Kemudian masukan pangakal bibit kedalam lubang.

Setelah itu tutup lubang dengan tanah sisa galian yang ada, lalu padatkan dengan cara menginjak tanah secara perlahan. Lakukan penyirama setelah semua proses tersebut selesai. Penanaman cempedak sebaiknya dilakukan pada musim hujan agar tidak perlu repot-repor menyiram tanaman.

Perawatan

Sumber: peternakantaurus.wordpress.com

Sumber: peternakantaurus.wordpress.com

Dalam proses perawatan. ketika ujung daun mulai muncum sebagai ovarium yang kecil atau tunas yang muncul pada batang dan cabang tanaman, itu tanda bahwa pohon akan segera berbuah. Sebaiknya anda melakukan erosi penyiangan daun kering disekitar akar pohon tersebut, menggunakan sampah hingga ber diameter pengerok 3 sampai 4 meter.

Kemudian tumpuk rumput dan daun, tujuannya untuk fumigasi. Pengasapan dilakukan dengan tujuan agar akar mendapatkan oksigen yang cukup dan tanah disekitarnya menjadi lembab. Manfaat pembersihan akar sangatlah besar, karena jika dilakukan sebelum berbuah, saat buah muncul maka buah akan padat dan mengurangi resiko buah busuk.

Buah cempedak yang mulai membesar harus dilapisi dengan plastik utuk mencegah serangan dari ulat, serangga dan pemangsa cempedak seperti tupai. tetapi jika buah masih kecil, tidak perlu dilapisi karena masuh dalam proses lampiran bubuk sari.

Perawatan lainnya adalah dengan membersihkan rumput atau tanaman perdu lainnya yang tumbuh disekitar pohon cempedak. Kemudian berikan pemupukan ulang pada umur pohon cempedak sekitar 6 bulan dengan menggunakan pupuk kandang secukupnya.

Panen Buah Cempedak

Sumber: bayuputrabio.wordpress.com

Sumber: bayuputrabio.wordpress.com

Dalam tahap budidaya buah cempedak, tahap ini lah yang paling ditunggu. Pohon cempedak yang dibudidayakan dari biji, akan menghasilkan buah pada umur sekitar 7 sampai 10 tahun. Tetapi jika ditanam menggunakan cempedak hasil okulasi, maka cempedak akan menghasilkan buah saat umur sekitar 5 tahun.

Panen dilakukan apabila buah sudah masak atau matang, matangnya buah cempedak ditandai dengan bau harum yang muncul dari buah dan juga apabila dipukul akan mengeluarkan suara yang berbeda dari buah yang masih muda. Kita juga bisa menggunakan peniti atau jarum yang ditancapkan ke dalam rumpun batang, jika bijinya keras berarti buah sudah dapat dipanen.

Itulah cara budidaya cempedak dengan mudah. Cara budidayanya sama saja dengan tanaman lainnya seperti mangga dan lainnya. Semoga ilmu yang kita bahas kali ini bermanfaat dan dapat di laksanakan. Sekian dari saya admin alligatorsky, terima kasih.

No Responses

Add Your Comment