Cara Budidaya Durian Montong dengan Mudah

Author: | Posted in flora, Nature No comments
Sumber: bibitdurianmontongunggul.blogspot.com

Sumber: bibitdurianmontongunggul.blogspot.com

Durian adalah buah yang berasal dari negara thailand, Durian montong merupakan jenis tanaman genjah. Tanaman ini mampu memproduksi buah pada umur 4-5 tahun dari awal penanaman. Tanaman ini juga dapat memproduksi banyak buah sekaligus, dan dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Bentuk buah bervariasi, dari bulat, lonjong, sampai hampir berbentuk persegi. Durinya besar dan tersusun, bobot buahnya mampu mencapai 6kg. Dagingnya sangat tebal dan manis legit, ditambah aroma yang harum. Sayangnya, tanaman ini tidak mempunyai ketahanan terhadap penyakit Phytophthora.sp.

Buah durian juga sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Karena rasanya yang sangat enak dan aromanya yang khas, membuat banyak orang yang suka dengan buah ini. Kali ini kita akan membahas tentang budidaya durian montong dari awal sampai cara panen.

Syarat Tumbuh

Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tetapi, durian akan memproduksi lebih baik jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400 sampai 600 mdpl. Tanaman durian juga lebih baik ditanam di daerah yang lembab atau curah hujan lebih tinggi.

Pemilihan Bibit

Sumber: www.wahyutaniputra.com

Sumber: www.wahyutaniputra.com

Dalam budidaya durian montong, pemilihan bibit harus sangat diperhatikan karena dapat berpengaruh dengan hasilnya. Jadi, pilihlah bibit yang bagus atau sebaiknya anda melakukan pembibitan sendiri dan bukan membeli bibit yang sudah jadi. Bibit buah durian juga akan menentukan cepat atau tidaknya tanaman akan berbuah.

Media Tanam

Media tanaman juga berpengaruh dalam budidaya durian montong. dalam menyiapkan media tanam, anda harus memperhatikan pH tanah, pengairan, jadwal menanam buah durian dan menetapkan luas lahan yang akan digunakan. Semua ini berpengaruh agar tanaman durian dapat tumbuh lebih cepat.

Persiapan Lahan

Sumber: louthfi.wordpress.com

Sumber: louthfi.wordpress.com

Dalam budidaya durian montong, lahan yang digunakan haruslah bagus, seperti yang saya jelaskan di atas. Pertama, bersihkan dulu lahan yang akan anda gunakan. Bersihkan semua batu-batu dan tanaman lain yang mungkin akan menggangu tanaman durian anda.

Kedua, buatlah bedengan dengan kedalaman kurang lebih 30 cm dan gemburkan tanah terlebih dahulu. campurkan tanah yang ada dengan pupuk kompos dan pasir. Untuk bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang 2 meter, berikan pupuk kompos 5 kg dan pasir 5 kg. Biarkan tanah 1 minggu dan semprotkan basamid untuk mencegah jamur.

Ketiga, anda harus memerhatikan jarak antara tanaman durian satu dengan yang lainnya. Jarak yang biasanya digunakan untuk budidaya durian montong adalah 10 sampai 12 meter. memberikan jarak bertujuan untuk saat pohon sudah besar, dahannya tidak bertabrakan dengan dahan lainnya.

Cara Menanam Pohon Durian

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Cara menanam durian montong tidak terlalu berbeda dengan cara menanam tanaman lainnya seperti cempedak. Setelah bibit memiliki ketinggian sekitar 75 sampai 150 cm, itu berarti bibit sudah siap untuk di pindahkan ke lahan tanam. Buka polybag dengan hati-hati, jangan sampai merusak tanaman.

Kemudian, masukan bibit ke dalam lubang yang sudah disiapkan dan tutup kembali dengan menggunakan jerami atau rumpur kering yang di campur tanah, lalu siram. Berikan naungan atau sesuatu untuk meneduhkan bibit, tujuannya aar bibit tidak kering dan mati.

Perawatan Pohon

Sumber: info-pertanianindonesia.blogspot.com

Sumber: info-pertanianindonesia.blogspot.com

Perawatan pohon adalah salah satu hal yang penting dalam budidaya durian montong. Lakukan penyiangan dengan tujuan untuk menghindari persaingan dan pemangkasan. Pada tahap awal buatlah selokan kecil yang digunakan untuk meletakkan pupuk, dan apabila pupuk telah diisi, tutup kembali selokan tersebut.

Jenis pupuk yang baik diberikan untuk pohon durian montong adalah pupuk buatan, pupuk kompos, dan pupuk hijau. Setelah umur pohon mencapai 3 bulan, berikan pupuk NPK kesetiap pohon durian anda sebanyak 200 gram. Dan berikan pupuk kandang setahun sekali.

Penyakit

Sumber: antapsari.blogspot.com

Sumber: antapsari.blogspot.com

Penyakit yang paling berbahaya untuk pohon durian montong disebabkan oleh Phytophthora.sp yang menyerang akar dan batang. Jamur ini hidup didalam tanah dan menjadi parasit yang akan memperlemah pohon dengan cara menginfeksi akar. Infeksi dibagian atas tanah juga dapat terjadi dikarenakan cipratan partikel tanah.

Untuk memberantas penyakit ini adalah dengan memastikan bahwa pangkal batang bebas dari tunas-tunas laterak setinggi 1 meter atau lebih. Lahan disekitar pohon juga harus bersih dari gulma dan pengairan di usahakan untuk tidak membasahi pangkal batang atau tanah di dekat situ, dan jangan sampai pengairan membasahi pohon lain.

Penyakit lainnya seperti bintik daun, busuk buah dan homortegia tidak terlalu berpengaruh dengan pertumbuhan pohon durian. Dan ada juga beberapa hama, tetapi kerusakan yang dihasilkan sangatlah jarang. Dan ada juga beberapa hewan yang senang memakan buah durian, jadi usahakan buah yang jatuh langsung diambil.

Panen Buah

sumber: info-pertanianindonesia.blogspot.com

sumber: info-pertanianindonesia.blogspot.com

Pohon durian sangatlah tinggi, karena sulit untuk memanen buahnya, Jadi untuk memanen buah ini biasanya para petani lebih memilih untuk menunggu buah jatuh. Tetapi kalau ingin memanen dengan cara memetik sendiri pun tidak masalah. Orang yang akan memetik di anjurkan sudah berpengalaman.

Dan pemetik juga harus dapat menaksir matangnya buah durian. Mulai dari warna buah elastisitas dan letak duri, aroma yang dikeluarkan oleh buah, suara yang terdengar ketika mengetukan jari diantara duri-duri, dan juga perubahan pada tangakai buah.

Itulah cara budidaya durian montong dengan mudah. Semoga ilmu yang kita bahas saat ini dapat bermanfaat dan dapat diamalkan. Sekian dari saya, terimakasih.

Add Your Comment