cara budidaya kiwi dengan mudah

Author: | Posted in flora, Nature No comments
Sumber: www.reference.com

Sumber: www.reference.com

Buah kiwi adalah buah yang berasal dari negara cina dan termasuk ke dalam jenis buah beri. Buah kiwi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi melebihi kandungan vitamin C jeruk. Kiwi juga dapat menyembuhkan asma, mata, kulit dan lainnya.

Di Indonesia buah kiwi biasanya ramai saat bulan ramadhan, buah ini biasanya dijadikan pelengkap sup buah dan minuman lainnya untuk buka puasa. Buah kiwi masih jarang dibudidaya di Indonesia. Kiwi juga dapat dijadikan lahan bisnis karena kiwi mempunyai harga yang tinggi. Kali ini kita akan membahas manfaat buah kiwi dan cara budidaya buah kiwi dengan mudah.

manfaat Buah Kiwi

Manfaat buah kiwi

Sumber: id.finspi.com

Seperti dijelaskan diatas buah kiwi mempunyai banyak manfaat, seperti mengobati asma, mata dan kulit. Tetapi, masih ada lagi manfaat dari buah kiwi yang belum banyak orang tahu.

Mengandung Antioksidan

Dari Dr. Marlyn Glenville, manan presiden Food and Health Forum mengatakan bahwa kulit dari buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kulit buah kiwi bahkan mengandung antioksidan lebih tinggi dari pada daging buahnya. Manfaat dari antioksidan tinggi adalah:

  • Anti-kanker.
  • Anti-peradangan.
  • Anti-alergi.
  • Melawan bakteri Staphylococcis dan E-coli yang dapat membuat manusia keracunan makanan.

Obat Hipertensi

Dari penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen membuktikan bahwa buah kiwi dapat dengan efektif menurunkan hipertensi. Caranya cukup mudah, makan buah kiwi 3 kali sehari secara teratur dan juga memakan makanan yang mengandung apel sehari sekali. Hal ini telah di teliti oleh ilmuan dari Universitas Rumah Sakit Oslo, Norwegia.

Proses Persiapan Lahan

Sumber: haveaniasbarat.blogspot.com

Sumber: haveaniasbarat.blogspot.com

Cara menanam buah kiwi tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman lainnya seperti cempedak dan rosella. Hal pertama yang butuh dilakukan untuk budidaya buah kiwi adalah membuat lahan untuk penanaman. Anda dapat menanam buah ini langsung di tanah ataupun menananm dalam pot atau polybag.

Karena tanaman kiwi adalah jenis tanaman yang merambat, jadi kita perlu membuat media untuk tempat tanaman ini berampat. Bersihkan tanah dari berbagai hama yang menghalangi, lalu gemburkan tanah dan campurkan dengan pupuk kompos. Untuk mendapat buah kiwi yang baik, kita dapat mengatur keasaman tanah.

rambatan pohon kiwi

Sumber: coratcoretnina.wordpress.com

Selanjutnya, pada bagian tanah yang telah digemburkan dan diberi pupuk, buatlah lubang dengan jarak 2×2 meter setiap lubang. Proses persiapan lahan lebih baik disiapkan 2 minggu sebelum proses penanaman buah kiwi. Dan jangan lupa, saat proses penyiapan lahan ini anda juga harus memulai proses pembenihan. Agar setelah tanah siap, bibit langsung dapat ditanam.

Proses Pembenihan

Biji buah kiwi

Sumber: officialchitra.wordpress.com

Dalam budidaya buah kiwi proses pembenihan adalah proses penting dan harus dilakukan sebaik mungkin. Karena proses ini yang menentukan buah kiwi yang dihasilkan. Pertama, anda harus menyemai biji-biji kiwi terlebih dahulu. Agar proses penyemaian menjadi lebih cepat, anda dapat merendam biji-biji kiwi dengan menggunakan air hangat. Rendam kurang lebih 1 jam, lalu keringkan.

Tahap selanjutnya, bungkus biji tersebut menggunakan kapas atau tisu, kemudia simpan selama semalam. Hari selanjutnya anda sudah dapat mulai menyemai biji-biji tersebut. Tanah yang bagus untuk tanaman kiwi adalah tanah humus. Sebarkan biji tersebut selama 10, dan dibagian atas media penyemaiannya harus diberi atap pelindung.

Proses Penanaman

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Proses penanaman kiwi sangatlah mudah, sama dengan cara menanaman tumbuhan lainnya. Setelah pembenihan selama 10 hari, biji buah kiwi yang telah disemai dapat dipindahkan di media tanam. Pertama, pindahkan ke dalam pot atau polybag terlebih dahulu.

Setelah pohon kiwi mempunyai batang yang cukup kuat, Pindahkan pohon kiwi ke lahan yang telah disiapkan. Untuk media tanah, siapkan lubang untuk menanamnya dan beri jarak 2 meter antara pohon satu dan lainnya. Kemudian masukan pohon dan tutup kembali dengan tanah. Pohon kiwi lebih baik ditanam saat pagi atau sore hari,

Proses pemeliharaan

penyiraman Sumber: tipspetani.blogspot.com

Sumber: tipspetani.blogspot.com

Pada proses pemeliharaan pohon kiwi tidaklah sulit. Pertama, pohon ini harus disiram 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Kedua, pemupukan secara berkala dan sesuaikan dengan kebutuhan pohon kiwi tersebut, pemupukan lebih baik menggunakan pupuk organic.  Ketiga, jangan lupa untuk menyuburkan tanah dalam waktu tertentu secara teratur.

Keempat, Untuk pengendalian Hama anda dapat menggunakan fungsida dengan menyemprotkan ke pohon kiwi. Kelima, gemburkan tanah kembali dengan menambahkan tanah kompos pada pohon kiwi. Keenam, Bersihkan daunn kerign dan rumput-rumput yang menggangu. Terakhir, pemeliharaan bunga dan membantu penyerbukan dengan sikat lebut agar lebih banyak pembuahannya.

Panen Buah kiwi

Kiwi siap panen

Sumber: id.aliexpress.com

Masa panen buah kiwi tidak pasti, tergantung pada kondisi cuaca dan juga pengembangan tanaman. Biasanya buah kiwi dapat dipanen dengan cepat pada bulan ke 3 atau 4. Cara memetik buah ini tidak boleh menggunakan tangan, karena dapat merusak tanaman. Gunakan gunting untuk memetik buah ini, gunting dibagian batang dekat buah.

Buah kiwi yang sudah matang akan mengeluarkan bau yang khas dan akan terasa lebih empuk dari pada yang belum matang. Apabila buah ingin dikirim atau dijual, lebih baik petik sebelum terlalu matang, agar saat dijalan atau saat ditoko buah kiwi dapat matang. tambahan Simpan buah kiwi pada suhu yang tidak terlalu tinggi.

Mudah bukan? Semoga ilmu yang kita bahas kali ini dapat bermanfaat dan dapat diamalkan. Sekian dari saya, terima kasih.

Add Your Comment