Cara Budidaya Mangga Agar Cepat Berbuah

Author: | Posted in Nature No comments
pohon mangga Sumber: www.petanihebat.com

Pohon Mangga
Sumber: www.petanihebat.com

Buah mangga adalah buah yang banyak disukai orang karena buah ini mempunyai rasa manis dan asam yang menjadikan buah ini disukai banyak orang. Anda dapat menjumpai buah ini dimana saja, dan harganya tidak membuat kantung anda terkuras.

Buah mangga juga mempunyai banyak jenis mulai dari yang sangat manis sampai yang sangat asam. Konsumsi buah mangga meningkat setiap tahunnya, jadi semakin banyak orang yang ingin menanam pohon ini sendiri agar tidak membelinya lagi, dan ada juga yang berniat untuk menjualnya karena untungnya yang lumayan besar.

Semakin banyaknya jumlah orang yang ingin menanam buah mangga, semakin banyak juga orang yang mencari cara untuk budidaya mangga agar cepat berbuah. Cara yang paling sering digunakan orang untuk membudidayakan mangga agar cepat berbuah dengan bibit cangkokan. Nah, kali ini kita akan membahas cara budidaya mangga agar cepat berbuah. Kita akan membahasnya dari awal hingga akhir dengan penjelasan sebaik mungkin.

1- Menyiapkan Bibit Mangga Cangkokan yang Unggul

bibit cangkok mangga Sumber: leira-fruit.blogspot.com

bibit cangkok mangga
Sumber: leira-fruit.blogspot.com

Cara pertama budidaya mangga agar cepat berbuah adalah dengan menyiapkan bibit cangkokan yang unggul. Apa bila anda bisa membuatnya sendiri itu lebih bagus, karena kalau anda membuat sendiri anda bisa lebih yakin kalau bibit yang anda gunakan adalah bibit unggul dan bukan bibit yang terserang penyakit dan hama.

Kalau anda tidak bisa membuat sendiri anda juga bisa membelinya di toko tanaman. Tetapi anda harus pintar-pintar memilih bibit yang unggul agar mendapatkan hasil yang unggul juga. Dan anda juga harus memastikan bahwa bibit tersebut tidak terkena serangan hama dan penyakit.

ada dua cara untuk memilih bibit cangkokan yang unggul. Pertama, tanyakan langsung kepada penjual detail jenis cangkokan mangga yang anda inginkan. kedua, carilah pohon mangga yang memiliki batang tegak, terlihat lebih subur dan belum memiliki cabang pohon yang banyak.

2- Menyiapkan Lahan untuk Menanam

kebun Mangga Sumber: rumahdijual.com

kebun Mangga
Sumber: rumahdijual.com

Setelah anda mendapatkan bibit cangkokan yang unggul dan cocok dengan apa yang anda mau, cara budidaya mangga agar cepat berbuah selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menyiapkan lahan:

Membuka Lahan

cara membuka lahan adalah membersihkan lahan anda dari semua tumbuhan lain yang ada disekitarnya, karena kalau ada tumbuhan lain disekitarnya akan menggangu pertumbuhan pohon mangga milik anda. Dan gemburkan tanah lahan anda jika itu diperlukan.

Membuat jarak

Buatlah jarak tanam antara pohon mangga satu dan lainnya. Karena kalau berdekatan bisa mengganggu pertumbuhan tanaman mangga anda dan juga akarnya tidak dapat merambat lebih jauh. Buatlah jarak sekitar 10 meter untuk setiap pohon mangga yang ada di lahan anda.

Membuat Lubang

Buatlah lubang berbentuk segi empat dan besarnya 1 meter setiap sisinya. Gali tanah dengan kedalaman setengan meter dahulu, lalu gali lagi setengah meter lagi dan pada bagian bawah berikan pupuk kandang lalu tutup kembali dan biarkan tertutup selama 3 hari.

3- Menanam Pohon Mangga

menanam pohon Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

menanam pohon
Sumber: ekadwipurwati.blogspot.com

Gali kembali tanah yang sudah anda gali sebelumnya dengan lebar 1 meter dan kedalaman setengah meter. Berikan taburan furadan terlebih dahulu, lalu gantung polybag tempat bibit anda berada, dan pindahkan ke dalam lubang dengan hati-hati. Tutup lubang itu lagi, jangan teralu padat dan siram dengan air setiap pagi dan sore hari.

Tanam juga pohon pelindung untuk melindungi pohon mangga dari gangguan angin dan hujan bila anda merasa itu perlu. Karena biasanya pohon yang ditanam hasil cangkokan akan lebih mudah untuk rubuh pada awal ditanam.

4- Perawatan

Pohon Mangga terawat Sumber: kabartani.com

Pohon Mangga terawat
Sumber: kabartani.com

Setelah menanam dan menyiramnya anda juga perlu merawat pohon mangga anda agar cepat berbuah. Ada beberapa perawatan yang anda butuhkan, seperti:

Penyiangan

Penyiangan adalah cara untuk membersihkan tumbuhan lain yang tumbuh disekitar tumbuhan anda, sehingga tumbuhan tersebut dapat mengganggu pertumbuhan pohon mangga anda. Biasanya tumbuhan yang mengganggu pertumbuhan pohon mangga adalah rumput dan tumbuhan lainnya.

Pengemburan

Pengemburan diperlukan karena anda menyiram pohon tersebut akan membuat tanah yang ada disitu akan memadat. Maka penggemburan tanah diperlukan dilakukan apabila anda merasa tanah tempat pohon mangga ada berada sudah memadat dan perlu digemburkan.

Pemangkasan

Pemangkasan diperlukan karena dapat mempercepat pertumbuhan pohon mangga anda. Jadi, jika anda sudah merasa pohon mangga anda sudah terlalu banyak cabang, anda dapat memangkasnya agar lebih cepat pertumbuhan pohon mangga anda.

Pengendalian Hama dan penyakit

Hama Pohon Mangga Sumber: kebunpertanianku.blogspot.co.id

Hama Pohon Mangga
Sumber: kebunpertanianku.blogspot.co.id

Semua tumbuhan dapat terserang penyakit dan hama jadi sangat diperlukan pengendalian hama. Banyak hama dan penyakit yang ada dipohon mangga dapat membuat pohon anda menjadi tidak unggul. Salah satu hama penyakit pohon mangga adalah penggerek pucuk. Hama ini dapat mengakibatkan pohon anda layu dan mati.

Banyak cara untuk mengendalikan hama dan penyakit pada pohon mangga. Dan untuk mengendalikan hama penyakit penggerek pucuk adalah dengan memotong kemudian membakar cabang tunas yang terinfeksi dan jika sudah parah anda dapat memberika pupuk oraganik NASA dengan campuran pupuk kimia sesuai takaran dan petunjuk penggunaan.

Pemupukan

Ada banyak pupuk yang harus digunakan dan juga setiap pemberian pupuk juga berbeda waktunya. Jadi, pastikan anda mengetahui waktu menggunakan pupuk yang benar untuk pohon mangga anda. Anda bisa menanyakan kepada penjual pupuk bagaimana yang cocok untuk pohon mangga anda.

Teknik “Memaksa” Pohon Mangga di Luar Musim

memaksa mangga berbuah Sumber: aliaputi.blogspot.com

memaksa mangga berbuah
Sumber: aliaputi.blogspot.com

Teknik ini adalah teknik agar pohon mangga dapat berbuah di luar musim, bahkan dapat berbuah 3 kali setahun. Ada beberapa cara untuk melakukan teknik ini, saya akan menjelaskannya secara rinci.

1- Pruning

Pruning bentuk Sumber: leira-fruit.blogspot.com

Pruning bentuk
Sumber: leira-fruit.blogspot.com

Pruning adalah teknik pemangkasan daun, cabang dan ranting, hingga pohon mangga menjadi tidak mempunyai cabang sama sekali atau sedikit daun. Pruning berguna untuk memangkas cabang dan ranting yang sudah tidak berguna sehingga sinar matahari langsung masuk ke dalam. Sehingga nutrisi yang masuk dapat difokuskan untuk produksi pembuahan.

2- Stressing Air

Stressing air adalah teknik yang dilakukan dengan cara tidak menyiram air sehingga pohon mangga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan mendadak melakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga air jenuh pada waktu tertentu.

3-Mengerat Kulit Pohon

pengeratan pohon Sumber: octalda.blogspot.com

pengeratan pohon
Sumber: octalda.blogspot.com

Mengerat kulit pohon secara melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai kelihatan kayu pohon. Teknik ini berguna untuk menghambat pengangkutan zat makana sehingga terjadi penumpukan zat makanan yang dihasilkan oleh fotosintesis yang nantinya diharapkan akan memicu tumbuhnya juga.

Itulah cara-cara untuk “memaksa” pohon mangga untuk berbuah diluar musimnya. semoga ilmu yang kita bahas saat ini berguna bagi kita semua, sekian terimakasih.

No Responses

Add Your Comment