cara budidaya mas koki dengan mudah

Author: | Posted in fauna No comments
jenis ikan mas koki

Ikan mas koki ryukin
Sumber: satujam.com

Ikan mas koki adalah spesies ikan air tawar yang biasanya dijadikan ikan hias. Ikan mas koki adalah ikan yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Banyak jenis ikan mas koki yang telah dibudidayakan. Kali ini kita akan membahas cara budidaya mas koki. Berikut adalah cara-cara untuk membudidayakan ikan mas koki.

1- Pemilihan Induk Mas Koki

induk mas koki siap pijah

Ikan mas koki siap dipijah
Sumber: yunias19ocean.blogspot.com

Untuk membudidayakan ikan mas koki, kita membutuhkan induk untuk menghasilkan anakan. Ada beberapa cara untuk memilih induk ikan mas koki yang baik. Pertama, Pilih induk mas koki yang sudah siap dipijah, idealnya memiliki panjang tubuh 7cm atau sebesar telur bebek dan sudah berumur 7 bulan.

Kedua, Pilih induk yang bertubuh ideal, ekor yang lebar, sirip yang tegak saat bergerak, kepala kecil dan sisik yang indah. Ketiga, untuk mendapatkan benih larva yang berwarna-warni, diperlukan induk yang memiliki tubuh polos. Tetapi, warna antara jantan dan betina harus berbeda, misalnya betina berwarna kuning dan jantan berwarna putih.

2- Ciri Induk Mas Koki Jantan

Ada beberapa cara untuk mengetahui kelamin jantan induk ikan mas koki. Pertama, jika bagian perut diurut, maka akan keluar cairan berwarna putih susu. Kedua, Terdapat benjolan kecil berwarna putih pada tutup insang atau terkadang ada pada jari-jari pertama sirip dada. Dan dubur berbentuk oval kecil.

3- Ciri Induk Mas Koki Betina

Untuk membedakan antara mas koki betina pun ada caranya, ciri-cir betina tidak jauh dengan jantan. Pertama, saat bagian perut diurut akan keluar cairan kuning berbentuk telur ikan mas koki. Kedua, perut agak membesar dan dubur berbentuk bulat.

4- Cara Pemijahan Ikan Mas Koki

kolam eceng gondok Sumber: pllbfmipaunlam.wordpress.com

Kolam eceng gondok
Sumber: pllbfmipaunlam.wordpress.com

Untuk memijah ikan mas koki pun ada beberapa cara yang harus dilakukan. Pertama, Akuarium atau kolah harus bersih dan diberikan air, kemudian diendapkan kurang lebih satu hari satu malam. Lalu, taruh tanaman eceng gondok didalamnya untuk tempat telur melekat.

Kedua, Pilihlah induk yang sudah matang lalu masukan ke dalam kolam. Biasanya pemijahan terjadi pada sore hari, dan keesokan harinya sudah ada telur yang melekat pada tanaman eceng gondok. Setelah pemijahan, induk mas koki harus dipindah kan karena dapat memakan telur mereka sendiri.

Induk mas koki yang sudah pernah dipijah dapat dipijahkan lagi 1 bulan kemudian. Biarkan telur sampai menetas. Jaga telur dari suhu yang terlalu ekstrim dan jauhkan dari hewan pemangsa yang mungkin ada dikolam tersebut.

5- Penetasan Telur Ikan Mas Koki

ternak ikan mas koki

telur ikan mas koki dalam kolam
Sumber: i1os.com

Proses penetasan telur ikan mas koki dapat berlangsung lebih dari dua hari dan jika telur yang ditetaskan ternyata ada beberapa yang tidak bisa dibuahi, telur tersebut akan membusuk dan tidak dapat menetas kembali. Telur yang membusuk akan ditumbuhi oleh jamur.

Untuk proses pembuahan kita juga harus memperhatikannya. Suhu dalam kolam atau aquarium harus berkisar antara 24 sampai 28 derajat celcius. Jika perlu gunakan penyuplai oksigen agar telur yang ada di dalam bisa mendapatkan oksigen yang cukup.

6- Pemeliharaan Benih Ikan Mas Koki

ternak Ikan mas koki

benih ikan mas koki
Sumber: wellyukm.blogspot.com

Setelah telur menetas, pada hari ketiga benih sudah dapat diberi makan. Makan yang biasa dimakan oleh benih ikan mas koki adalah kutu air yang telah disaring. Setelah berumur 15 hari, benih ikan mas koki sudah dapat diberi makan cacing rambut untuk tambahan kutu air.

Ketinggian air dalam kolam atau aquarium harus dijaga, ketinggiannya berkisar antara 10 sampai 15 cm dan harus air harus diganti satu minggu sekali. Setiap pegantian air, air harus diendapkan terlebih dahulu. Kemudian gunakan eceng gondok untuk melindungi benih dari cahaya matahari yang terik.

7- Pembesaran Ikan Mas Koki

Ternak ikan mas koki

Ternak ikan mas koki
Sumber: www.youtube.com

dalam cara budidaya mas koki, pembesaran dapat dilakukan setelah benih berumur 1 bulan. Pembesaran membutuhkan banyak cahaya matahari, maka tanaman eceng gondok harus dikurangi. Makanan yang diberikan untuk ikan mas koki yang sedang dalam tahap pembesaran adalah cacing rambut.

Cacing rambut diberikan setiap pagi hari, dan apabila cacing rambut masih tersisa sore harinya cacing rambut harus di angkat kembali. Setelah ikan berumur 4 bulan atau lebih, ikan mas koki baru dapat dikatakan calon induk. Dan saat sudah 8 bulan, ikan jantan dan betina sudah dapat di pisahkan untuk dipijah.

8- Pemberian Pakan

Pakan ikan mas koki

Cacing rambut
Sumber: www.satujam.com

Dalam cara budidaya mas koki, tidak direkomendasikan untuk memberikan pakan dalam dosis yang berlebihan. Karena pemberian pakan yang berlebihan dapat berpengaruh dengan kondisi air tempat ikan mas koki tinggal. terutama ketika menggunakan pakan buatan.

Dosis makanan yang diberikan untuk ikan mas koki, pada umumnya diberikan sebanyak 3 sampai 5  persen dari berat ikan mas koki yang dipelihara. Makanan ini diberikan secara bertahap dan tidak boleh dengan cara sekaligus. Jumlah makanan yang diberikan pada waktu makan tergantung dengan frekuensi pemberian makan dalam sehari.

Jadi, apabila frekuensi pemberian makanan dilakukan 3 kali sehari, maka ikan mas koki harus diberikan 1/3 dari dosis yang telah di tetapkan. Untuk ikan mas koki yang masih dalam tahap pemeliharaan benih, berikan makanan kutu air yang telah disaring secukupnya saja.

Itu adalah cara budidaya mas koki dengan mudah, semoga dapat bermanfaat dan dapat dikerjakan. Sekian dari saya, terimakasih.

Add Your Comment