Cara Membuat Keju Mozzarella Anda Sendiri dengan Mudah

Author: | Posted in kuliner, sejarah No comments
membuat keju mozzarella

keju mozzarella
Sumber: www.rahmatsemestaalam.com

Mozzarella adalah keju italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong. Mozzarella diambil dari bahasa italia mozzare yang artinya memotong. Keju ini biasanya dibuat dengan susu sapi atau susu kerbau. Mozzarella segar biasanya berwarna putih, tetapi bisa berwarna kuning terang tergantung makanan sapi atau kerbau yang diambil susunya.

Keju mozzarella biasanya digunakan untuk bahan toping pizza, lasagna, potato cheese dan makanan italia lainnya. Walaupun banyak orang yang lebih memilih untuk membeli keju mozzarella yang sudah jadi, tetapi sebagian orang lebih suka membuatnya sendiri.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas cara membuat mozzarella anda sendiri dan keju mozzarella itu sendiri. Pada dasarnya keju mozzarella dibuat menggunakan susu sapi atau kerbau segar, tetapi untuk menghemat bahan kita dapat menggantinya dengan susu UHT yang kita bisa beli di supermarket terdekat.

Sejarah Keju Mozzarella

Mozzarella naples

Kota naples asal keju mozzarella
Sumber: veroamorepizza.com

Keju mozzarella pertama kali dibuat di Naples, Italia dengan menggunakan susu kerbau. Di daerah pedesaan naples banyak kerbau-kerbau yang digunakan untuk mengangkut barang dan membajak sawah. Karena itu pembuatan keju mozzarella pertama dibuat menggunakan susu kerbau.

Beberapa pendapat mengatakan, keju mozzarella pertama dibuat dengan tidak sengaja. Seorang pegawai pabrik menjatuhkan dadih ke dalam ember berisi air panas di sebuah pabrik di daerah Naples, Italia dan jadilah keju mozzarella yang dikenal sekarang. Dahulu keju mozzarella belum dapat dikirm ke luar Naples karena belum ada susu pasteurasi dan belum ada bahan pengawet.

Dadih sendiri adalah yogurth yang terbuat dari susu kerbau. Dadih biasanya difermentassi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang ataupun daun waru yang telah dipanaskan di atas api. Fermentasi dilakukan dalam suhu ruangan hingga terjadi penggumpalan sekitar 2 sampai 3 hari.

Bentuk dan Tekstur

jenis-jenis keju mozzarella

bentuk keju mozzarella
Sumber: www.seputarmakan.com

Keju mozzarella biasaya memiliki bentuk bundar seperti bola, tetapi banyak bentuk-bentuk lain dari keju mozzarella ini, seperti “bocconcini” (suapan), “Ciliegine” (ceri kecil), “Nodini” (simpul kecil), “Pizzaiola” (balok) “Ovoline” (telur). Berat dari keju mozzarella sekitar 200 sampai 795 gram per kejunya. Warna keju ini Putih porselen dan kulit yang sangat tipis dan halus.

Ketika keju mozzarella dipotong, keju ini akan mengeluarkan carian putih berbau susu. Keju mozzarella yang dibuat dengan susu sapi tidak sehalus keju mozzarella yang dibuat dengan menggunakan susu kerbau. Di Italia keju mozzarella dijual bersamaan dengan dadihnya untuk menjaga kesegarannya.

Jenis Keju Mozzarella

Kini ada empat jenis keju mozzarella, yaitu:

Mozzarella Di Bufala

Keju mozzarella di bufala

mozzarella di bufala
Sumber: www.likeinitaly.it

Mozzarella di bufala adalah versi asli dari keju mozzarella, keju ini dibuat dengan susu kerbau. Kerbaunya pun tidak bisa kerbau sembarangan, kerbau yang digunakan harus berasal dari daerah Maditerania dan telah terdaftar pada peternakan setempat serta dipelihara dengan tradisi lokal.

Susu kerbau yang sudah diperah harus segera dibawa ke tempat pembuatan keju atau pabrik keju sebelum 16 jam. Susu tersebut minimal mempunyai kadar lemak 7%. Tempat produksi keju mozzarella di bufala ada di daerah Campania, daerah Lazio, daerah Puglia dan daerah Molise.

Mozzarella Fior Di Latte

mozzarella flor di latte

mozzarella flor di latte
Sumber: www.lattepuccio.eu

Keju mozzarella fior di latte adalah keju mozzarella yang dibuat mengggunakan susu sapi yang telah dipasteurisasi ataupun tidak dipasteurisasi.

Mozzarella Affumicata

keju mozzarella affumicata

mozzarella affumicata
Sumber: mozzarella.it

Keju mozzarella affumicata adalah keju mozzarella yang dibuat dengan cara diasapkan. Keju mozzarella hanya dapat diasapkan dengan cara mengikuti prosedur alami dan tradisional.

Mozzarella Scamorza

mozzarella scamorza Sumber: commons.wikimedia.org

mozzarella scamorza
Sumber: commons.wikimedia.org

Keju mozzarella yang diasapkan lebih intens menghasilkan keju mozzarella yang dinamakan Scamorza. Proses pengasapan yang intens membuat keju mozzarella menjadi kering.

Pembuatan Keju Mozzarella Menggunakan Cheddar

Tahap pembuatan keju mozzarella

tahap pembuatan keju mozzarella
Sumber: www.resepkafe.com

Untuk cara membuat keju mozzarella anda sendiri, anda dapat menggunakan keju cheddar untuk bahan dasarnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keju mozzarella anda sendiri adalah:

  • 180 gram keju cheddar
  • 300 ml susu cair UHT
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 5 sendok makan susu kental manis

Tahap-tahap pembuatan keju mozzarella sangatlah mudah dan simple. Hanya membutuhkan beberapa tahap hingga keju mozzarella dapat dimakan dan dapat digunakan sebagai bahan dasar makanan Italia seperti pizza dan lasagna. Tahap-tahap membuat keju mozzarella anda sendiri sebagai berikut:

  1. Larutkan tepung tapioka yang sudah anda siapkan dengan menggunakan 5 sendok makan air, lalu sisihkan.
  2. Parut keju cheddar anda, kemudian masak dengan susu cair sampai keju meleleh.
  3. Masukkan susu kental manis, kemudian kentalkan dengan larutan tapioka yang sudah di siapkan, Lalu cetak dan dinginkan.
  4. Setelah dingin anda dapat memasukannya ke dalam freezer kulkas.
  5. Saat anda ingin menggunakannya, anda dapat memarut sebagian untuk topping pizza, lasagna atau potato cheese.

Cara memarut keju mozzarella yang benar

Cara memarut keju mozzarella

parutan keju mozzarella
Sumber: www.tokopedia.com

Keju mozzarella adalah keju yang banyak digunakan untuk memasak kue. keistimewaan keju ini adalah kemampuannya meleleh saat terkena suhu panas. Maka dari itu keju mozzarella biasanya digunakan untuk topping masakan pasta.

Ada beberapa cara untuk memarut keju mozzarella. Karena teksturnya yang sangat lunak, keju mozzarella sangat mudah hancur dan patah. Karena itu ada beberapa cara yang benar untuk memarut keju mozzarella, yaitu:

  • Bungkus keju mozzarella menggunakan plastik lalu masukan ke dalam freezer selama kurang lebih 20 menit. hal ini bertujuan untuk membuat keju mozzarella lebih keras sehingga lebih mudah diparut.
  • Keju mozzarella sering menempel pada bagian parutan. Untuk menghindari hal itu, oleh bagian parutan dengan menggunakan minyak zaitun atapun minyak kelapa.
  • Saat memarut genggam erat keju mozzarella, dan tangan lainnya menahan parutan. Tekan keju sampai anda mendapat ketebalan yang anda inginkan. Jangan terlalu keras menekan keju saat memarut karena dapat mematahkan keju.

Itulah keju mozzarella dan cara membuat keju mozzarella anda sendiri. Semoga bermanfaat dan dapat di coba dirumah. Sekian terimakasih.

Add Your Comment