Cara Menanam Bunga Mawar di Pot

Author: | Posted in flora, Nature No comments
Sumber: segalamanfaatmenguntungkan.blogspot.com

Sumber: segalamanfaatmenguntungkan.blogspot.com

Bunga mawar adalah salah satu tanaman yang berjenis tanaman semak. Bunga mawar mempunyai lebih dari 100 spesies dan kebanyakan tumbuh di daerah yang berudara sejuk. Spesies mawar biasanya berduri atau tanaman memanjat yang tingginya dapat sampai 2 meter atau lebih.

Bunga mawar banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki warna yang cerah dan bentuk bunga yang indah. Dan selain warna dan bentuk yang menarik, bunga mawar juga memiliki bau harum yang membuat para wanita menjadi lebh menyukai bunga ini.

Menanam bunga mawar sebenarnanya adalah hal yang mudah, tetapi hanya saja ada sebagian orang yang tidak ingin menyempatkan dirinya untuk berkebun. Maka dari itu, untuk menanam bunga ini lebih membutuhkan kemauan dan keinginan yang kuat. Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara menanam bunga mawar agar anda tau cara menanam bunga ini.

Bibit Bunga Mawar

Sumber: cariseo.com

Sumber: cariseo.com

Langkah pertama untuk menanam bunga mawar adalah menyiapkan bibit bunga mawar yang anda ingin tanam. Untuk bibit, anda harus mencari bibit yang berkualitas agar hasilnya juga bagus. Apabila anda tidak ingin lama-lama dalam proses pembibitan, anda dapat membelinya di toko bunga terdekat.

Tetapi jika anda ingin mencoba untuk melakukan pembibitan sendiri, anda dapat menggunakan metode stek. Pertama, pilihlah batang bunga mawar yang sekiranya sudah cukup tua, kemudian potong dengan pisau sepanjang 10 cm. Siapkan media semai menggunakan polybag ataupun pot.

Kunjungi : Jual Rumput Sintetis

Sumber: www.infoagribisnis.com

Sumber: www.infoagribisnis.com

Media tanam yang anda siapkan diisikan dengan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:1. Dinginkan media semai dengan cara diangin-anginkan kurang lebih selama 15 hari. Setelah 15 hari di dinginkan, buatlah lubang pada media semai dengan ukuran 3 sampai 4 cm.

Selanjutnya, masukkan batang bunga mawar yang yang sudah distek ke dalam media semai yang sudah siap secara perlahan agar kulitnya tidak rusak. Tutup lubang dengan tanah kemudian letakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan.

Persiapan Media Tanam

Sumber: budbreaker.com

Sumber: budbreaker.com

Apabila anda menggunakan pot, anda dapat mencampurkan pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1:4:4 untuk dijadikan media tanam. Aduk semua media tanam tadi samoai tercampur rata, kemudian biarkan kurang lebih selama 15 hari. Gunakan pupuk kandang yang telah difermentasi atau pupuk yang sudah matang.

Sebenarnya anda juga dapat menanam di dalam polybag, tetapi saya lebih menganjurkan untuk menanam di pot yang terbuat dari tanah. Karena pot yang terbuat dari tanah memiliki sistem drainase yang baik. Gunakan pot berukuran 25 cm atau lebih, jangan dmenggunakan yang lebih kecil karena dapat menggangu pertumbuhan.

Menanam Bunga Mawar

Sumber: 100gambarbunga.blogspot.com

Sumber: 100gambarbunga.blogspot.com

Bibit bunga mawar yang sudah mulai tumbuh bertanda bahwa bibit sudah dapat dipindah ke media tanam. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi dasar pot dengan menggunakan pecahan genting atau pecahan batu bata, Fungsinya adalah agar saat disiram air yang keluar tidak terlalu banyak dan menjadi becek.

Kemudian isi pot dengan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya sampai setengan bagian pot. Lalu masukkan bibit bunga mawar tepat di tengan pot, Kemudian isikan kembali dengan media tanam hingga pot penuh. Selanjutnya tekan media tanam secara halus dan perlahan agar bibit bunga mawar tidak roboh saat disiram.

Setelah proses menanam selesai, letakkan pot pada tempat yang tidak terkena huja dan sinar matahari langsung kurang lebih selama 1 minggu. Setelah satu minggu di simpan di tempat itu, tanaman bunga mawar sudah siap untuk diletakkan di tepat yang terkena sinar matahari langsung.

Perawatan Bunga Mawar

Sumber: www.youtube.com

Sumber: www.youtube.com

Perawatan bunga mawar dalam pot tidak lah sulit, hanya butuh penyiangan dari tanaman yang menggangu dan juga penyiraman dengan teratur. Untuk penyiraman, siramlah bunga mawar secara berkala, bunga mawar bisa disiram 1 atau 2 kali sehari. Penyiraman juga tergantung dengan kondisi media tanam, jangan terlalu basah karena dapat membuat busuk akar bunga mawar.

Agar bunga mawar yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan subur, maka unsur hara yang dibutuhkan haruslah terpenuhi dengan baik. Pemberian unsur hara dapat dilakukan dengan memberikan pupuk untuk dijadikan sumber nutrisi. Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang yang ditaburkan disekitar tanaman.

Sumber: media.rooang.com

Sumber: media.rooang.com

Untuk pemupukan usahakan untuk tidak langsign menyentuh batang bunga mawar secara langsung. Selain memberikan pupuk kandang, anda juga dapat memberikan pupuk NPK. Cara menggunakan pupuk NPK tidaklah sulit, cukup larutkan pupuk dengan menggunakan air kemudian siram dengan air tersebut.

Untuk pupuk NPK, anda dapat memberikan 1 sendok pupuk NPK kedalam 5 liter air dan siram bunga mawar menggunakan larutan pupuk NPK tersebut sebanyak 200 ml untuk setiap bunga mawar. Anda dapat melakukan pemupukan setiap 15 sampai 20 hari sekali secara berkala.

Itulah cara menanam bunga mawar dengan menggunakan pot. Mudah bukan? Sekarang anda sudah dapat menanam bunga mawar anda sendiri. Anda hanya membutuhkan kemauan dan keinginan untuk melakukannya. Semoga ilmu yang kita bahas menjadi manfaat untuk kita semua. Sekian dari saya, terimakasih.

Add Your Comment