Cara Menanam Bunga Rosella

Author: | Posted in Nature No comments
Teh Rosella Sumber: amyherbal.blogspot.com

Teh Rosella
Sumber: amyherbal.blogspot.com

Bunga rosella adalah salah satu tanaman yang lumayan terkenal di indonesia. Bentuk tanaman ini seperti kelopak bunga  berwarna merah gelap dan juga dikenal dengan nama frambozen. Tanaman ini biasanya dijadikan untuk bahan baku sirup karena rasanya yang manis dan membuat segar sirup.

Selain dijadikan bahan baku sirup, tanaman ini juga bisa dijadikan obat herbal. Banyak kegunaan tanaman ini bila dijadikan obat, tanaman ini dapat melancarkan air seni, membersihkan cacing yang ada di sistem pencernaan, melancarkan dahak, menurunkan panas, mengurangi kekentalan darah, menurunkan tekanan darah dan dapat dijadikan bahan antiseptik dan antibakteri.

Kali ini kita akan membahas cara menanam bunga rosella. Ada beberapa tahap untuk menanam bunga berwarna merah ini, seperti menyiapkan bibit dan menyiapkan lahan. Cara menanam tanaman ini tidaklah sulit, Saya akan menjelaskan caranya dengan detail.

Karakteristik Tanaman Rosella

karakteristik bunga rosella merah Sumber: collaskincantik.blogspot.com

karakteristik bunga rosella merah
Sumber: collaskincantik.blogspot.com

Kalau anda ingin menanam tanaman rosella anda juga harus tau karakteristik tanaman ini. Tanaman rosella dapat tumbuh subur dalam cuaca dan kondisi apa pun. Tetapi perbedaan cuaca dan kondisi dapat mempengaruhi warna yang dihasilkan tanaman ini.

Tanaman rosella dapat tumbuh lebih subur pada ketinggian 10 sampai 600 meter dari permukaan laut. Tanaman ini juga mempunyai suhu optimal pada suhu 20 sampai 34 derajat Celcius. Tanaman ini hanya bisa menjadi tanaman semusim, jadi tanaman ini hanya memiliki satu kali masa produktif. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter dan lebar dapat mencapai 2 meter.

Menanam Bunga Rosella

panen bunga rosella Sumber: rosellamerah.wordpress.com

panen bunga rosella
Sumber: rosellamerah.wordpress.com

Setelah anda mengetahui karakteristik bunga rosella mungkin anda sudah tertarik untuk menanam bunga rosella sekarang. proses penanaman bunga rosella tidak lah sulit, hanya butuh tiga tahap untuk menanam bunga rosella ini. Dan selanjutnya tinggal merawatnya hingga dapat di panen. Kita akan membahas tahap-tahap penanamannya dengan detail.

1-Bibit

bibit rosella Sumber: kebunbibitbunga.blogspot.com

bibit rosella
Sumber: kebunbibitbunga.blogspot.com

Anda dapat menggunakan biji bunga rosella sebagai bibitnya. Walaupun bunga rosella termasuk tanaman hias, tetapi biji bunga rosella tidak perlu di lakukan penyemaian terlebih dahulu dan dapat langsung ditanam. bila anda tidak mempunyai tanaman ini anda bisa membeli bibitnya di toko tenaman terdekat.

2- Pembukaan Lahan

Buatlah lubang kecil-kecil di lahan anda untuk menempatkan biji-biji bunga rosella nantinya. Kenapa tidak ditanam di pot? Karena tanah memiliki unsur-unsur nutrient yang sangat penting untuk pertumbuhan bunga rosella. Jadi lebih baik di tanam langsung di tanah dari pada di taruh di pot terlebih dahulu.

3- Penanaman

Setelah anda menyiapkan lahan dan membuat lubang-lubang kecil. masukan biji bunga rosella maksimal dua biji dalam satu lubang. Kemudian isi dengan pupuk kandang yang bermanfaat untuk menambah unsur hara. Lalu timbun kembali dengan tanah secara padat dan lakukan penyiraman pada biji-biji rosella tersebut.

Perawatan

perawatan bunga rosella Sumber: educationanoen.blogspot.com

perawatan bunga rosella
Sumber: educationanoen.blogspot.com

Tahap cara menanam bunga rosella selanjutnya adalah perawatan untuk tanaman tersebut. Ada tiga cara perawatan untuk tanaman ini, mulai dari penyiraman, pemupukan dan pembasmian hama. Kita akan membahas cara perawatannya dengan singkat dan jelas.

1- Penyiraman

Tanaman rosella mempunyai batang pohon yang rentan patah. Dan kalau diberi terlalu banyak air, tanaman ini dapat pembusukan dan tanaman ini akan mati. Dan juga jangan terlalu sedikit menyiram air ke tanaman ini karena bisa mengering. Siramlah tanaman ini saat sore hari dengan air secukupnya untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman ini.

2- Pemupukan

Pemupukan pada bunga rosella berguna untuk mencukupi unsur hara pada tanaman ini, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan sehat dan cepat berbunga. Gunakan pupuk kandang atau pupuk kompok karena akan lebih baik hasil dari pada memakai pupuk buatan yang harganya tergolong mahal dan mempunyai efek kurang baik pada tanaman.

3- Pembasmian Hama dan Penyakit

Semua tanaman pasti ada kemungkinan untuk terkena hama dan penyakit tak terkecuali bunga rosella. Tetapi pasti ada cara untuk membasmi hama dan penyakit ini. Dan hama-hama pada tumbuhan rosella dibagi menjadi tiga macam, Saya akan menjelaskan secara rinci.

A. Nematoda

Bunga rosella yang ditanam di indonesia akan lebih tahan pada hama nematoda. Jadi, nematoda ini saya tidak jelaskan karena tidak terlalu penting.

B. Serangga
ulat pada tanaman Sumber: planthospital.blogspot.com

ulat pada tanaman
Sumber: planthospital.blogspot.com

Ada 4 macam serangga yang penting karena dapat merusak tanaman rosella ini dan sangat merugikan kita para penanam rosella.

  1. Noctuida atau ulat tanah yang menggangu tumbuhan kecambah pada bagian batang hingga hancur. Hama ini keluar hanya pada malam hari dan bersembunyi didalam tanah pada malam hari. Cara untuk mencegahnya adalah dengan membuat bedengan yang digenangi air agar ulat yang ada di dalam akan mati tenggelam
  2. Heliosthis absolta F. adalah hama yang memakan pupus dan daun dimana gangguannya dapat merugikan kita. Cara untuk membasmi hama ini adalah dengan loordarsenat atau DDT 5% pemakaian 25kg/hektar.
  3. Chryomelida adalah hama yang memakan daun dan batang sehingga kualitas serat bunga rosella menjadi turun. serangan yang sudah parah dapat membuat gundul tanaman ini. Cara mencegahnya adalah dengan memberikan derris dengan kandungan 1% retenin atau mengadakan periode kosong.
  4. Acridiidae adalah serangga yang memakan daun dan sering menggungu pertanaman. Tetapi serangga ini tidak membawa kerugian jadi tidak terlalu perlu di bahas.
C. Kutu
kutu pada tanaman Sumber: saungsumberjambe.blogspot.com

kutu pada tanaman
Sumber: saungsumberjambe.blogspot.com

Ada 2 jenis kutu yang ada di tanaman bunga rosella ini yaitu:

  1.  Pseudococcus hirsutus green adalah kutu berwana putih yang diselimuti oleh lapisan lilin. kutu ini terdapat di pupus sehingga dapat menghalangi pertumbuhan selanjutnya. pemberantasan dilakukan dengan parathion yang dapat diserap tubuh kutu meskipun dilapisi lapisan lilin.
  2.  Empoasca flacescens adalah kutu yang menghisap daun pada bagian bawah, daun yang diganggu akan kerutu dan keriting pada pinggirannya. Serangan yang parah dapat menggugurkan daun sehingga pertumbuhan terhalangi. Cara membasminya dalah dengan menggunakan campuran 4c Arkotine D. 25% dan 2cc Endrin 19,2% tiap liter air.

Mungkin itulah cara menanam bunga rosella dan cara merawatnya. Semoga ilmu ini bermanfaat selamat menenam, sekian terimakasih.

Add Your Comment