15 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Saat Terjadi Masalah

Author: | Posted in Islam, Ragam Cara No comments
Sumber: monster-bego.blogspot.com

Sumber: monster-bego.blogspot.com

Setiap manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing, ada masalah yang berat dan ada pula masalah yang tidak terlalu berat. Sebenarnya, berat tidaknya sebuah masalah tergantung bagaimana kita menanggapi masalah tersebut. Dan Allah tidak pernah memberikan sebuah cobaan pada hambanya kecuali hambanya dapat menyelesaikan cobaan tersebut.

Hati adalah salah satu dari sekian banyaknya anugrah yang telah Allah berikan kepada hambanya. Dengan hati, manusia dapat merasakan suka, duka dan lain-lainnya. Bahkan dengan hati manusia dapat merasakan perasaan manusia lainnya. Hati juga dapat membuat manusia menjadi lebih damai.

Tetapi, manusia sering dilanda kesedihan karena cobaan yang diberikan oleh Allah SWT.  Kesedihan tersebut membuat manusia merasakan takut dan cemas sehingga hati menjadi tidak tenang. Biasanya hal ini terjadi saat masalah yang ada tidak dapat dia selesaikan, walaupun sebenarnya sudah ada jalan keluarnya.

Tetapi, terkadang manusia tidak tahu bahwa Allah sudah memberikan jalan keluar, salah satunya dengan berdoa kepadanya. Terkadang hati manusia juga tidak tenang karena masalah keuangan, dan dia lupa meminta rezeki kepada sang maha pemberi. Banyak sekali cara untuk menenangkan hati kita saat ada masalah.

Hanya saja masih banyak manusia yang tidak mau meminta tolong kepada yang maha kuasa untuk mempermudah masalahnya. Sebenarnya cara paling ampuh adalah dengan sholat dan bersujud kepada Allah. Kali ini kita akan membahas cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menangkan hati kita saat ada masalah.

1- Membuat Lingkungan Lebih Nyaman

Sumber: www.ideaonline.co.id

Sumber: www.ideaonline.co.id

Walaupun cara paling ampuh adalah beribadah, tetapi cara ini juga perlu di lakukan untuk menenangkan hati yang sedang gelisah. Anda dapat menata ulang kamar atau tempat kerja anda, sehingga anda lebih merasa nyaman. Dengan itu hati anda akan semakin tenang dan dapat melancarkan pikiran anda untuk menyelesaikan masalah anda.

2- Sholat Sunah

Sumber: www.moslemforall.com

Sumber: www.moslemforall.com

Ini adalah cara paling ampuh untuk menenangkan hati kita yang sedang gelisah. Kenapa sholat sunah dan bukan sholat wajib? Karena sholat sunah  dapat dilakukan kapan pun kecuali waktu-waktu yang tidak diperbolehkan sholat, yaitu setelah subuh hingga terbit matahari dan setelah ashar sampai maghrib.

Sholat sunah yang anda dapat lakukan adalah sholat dhuha dan sholat tahajjud. Setelah anda sholat berdoalah dan mintalah kemudahan untuk masalah anda. Insya Allah masalah anda akan dipermudah olehnya. Memang terkadang untuk sholat tahajjud sangatlah sulit, karena banyak godaan. Tetapi, cobalah untuk melawannya.

3- Curhat Kepada Allah

Berdoa sore hari

Sumber: www.pesantren-quran.com

Allah adalah tuhan semesta alam yang maha mendengar, sejauh apa pun anda dan walaupun anda berbicara dalam hati, Allah akan selalu mendengar anda. Jadi jangan lupa untuk curhat kepada allah. Bagaimana cara curhat kepada Allah? Caranya dengan berdoa setelah sholat dan berdoa saat sujud terakhir dalam sholat anda.

Dengan cara ini Insya allah masalah kita akan mendapat jalan keluar dengan mudah. Tetapi, jangan kalian hanya berdoa saat ada masalah saja, berdoalah walaupun anda sedang tidak membutuhkan apa pun. Karena Allah mencintai hambanya yang berdoa kepadanya. Allah telah berfirman pada surat Al-mu’min:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan keperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina” (QS. 40 : 60)

4- Sabar

Untuk menghadapi masalah yang besar anda membutuhkan kesabaran yang besar juga. Dengan bersabar hati dan perasaan kita akan menjadi lebih tenang dan masalah kita akan lebih cepat selesai. Allah juga telah berfirman dalam al-quran dengan mengatakan “Allah bersama orang-orang yang bersabar”.

Maka cobalah untuk bersabar dengan cobaan yang diberikan kepada anda, karena Allah akan selalu bersama kita dan Allah akan memberikan jalan keluar untuk hambanya yang bersabar. Dan cobalah terus untuk tidak berburuk sangka kepada saudara kalian.

5- Relaksasi

Sumber: terapiotak.com

Sumber: terapiotak.com

Selain dengan beribadah, anda juga dapat meralaksasi diri anda sehingga anda menjadi lebih tenang. Anda dapat melakukannya dengan refreshing ataupun sekedar mendengarkan lagu kesukaan anda. Anda juga dapat duduk beristirahat sambil mengimbanngi nafas agar otot-otot  berkerja lebih santai dan otak akan lebih rileks.

6- Curhat dengan Orang Lain

Sumber: www.tandapagar.com

Sumber: www.tandapagar.com

Selain curhat kepada Allah SWT, anda juga dapat curhat dengan teman ataupun keluarga anda. Biasanya dengan seperti itu semua kekesalan kita akan keluar dan hati kita akan lebiih tenang. Tetapi, usahakan teman anda benar-benar ingin mendengarkan curhatan anda, karena kalau tidak anda dapat tambah kesal.

Dan curhat kepada orang yang anda percaya dapat menjaga rahasia anda. Dan jangan sampai anda curhat ke sembarang orang, karena ada kemungkinan anda akan mendapat masalah yang lebih besar. Dan walaupun teman anda tidak dapat membantu anda, hati anda akan lebih tenang dan masalah anda dapat selesaikan dengan lebih mudah.

7- Melakukan Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk membantunya. Dan dalam hal ini, Keluarga adalah orang yang paling dapat membantu anda. Maka cobalah untuk berinteraksi dengan keluarga anda dengan baik, dan cobalah curhat kepada mereka tentang masalah anda. Karena keluarga adalah orang-orang yang pastinya anda dapat percaya.

8- Berinteraksi dengan Alam

Sumber: www.friso.co.id

Sumber: www.friso.co.id

Berinteraksi dengan alam mempunyai banyak manfaat, dan manfaat paling besar akan di rasakan oleh hati dan pikiran. Apa bila anda berinteraksi dengan alam, pikiran anda akan lebih rileks dan hati pun pastinya akan lebih tenang. Salah satu cara berinteraksi dengan alam adalah dengan berkebun ataupun hanya berjalan-jalan di daerah pedesaan.

Karena daerah pedesaan masih memiliki keaslian alam, maka pastinya anda akan lebih tenang apabila berada disana. Dan kebanyakan orang disana ramah, jadi hati kita akan lebih nyaman. Atau anda juga dapat mencoba untuk mendaki gunung untuk merefreshing hati anda dengan keindahan alam dari atas gunung.

9- Sering Melakukan Aktifitas di Luar

Bila anda sedang merasa gelisah, lebih baik anda coba untuk tidak terlalu sering menyendiri. Cobalah untuk melakukan aktifitas di luar rumah, walaupun itu hanya sekedar bermain dengan teman ataupun hanya sekedar berjalan-jalan keluar rumah. Dengan seperti itu hati anda akan lebih tenang dan pikiran anda juga lebih rileks.

Anda juga dapat mengikuti acara-acara yang mungkin anda suka, seperti mengikuti organisasi yang mungkin anda suka Atau olahraga yang anda suka. Dengan seperti itu, anda akan lebih mudah untuk melupakan masalah yang ada pada anda, dan anda akan merasakan ketenangan.

10- Menangis

Sumber: www.reportaseterkini.net

Sumber: www.reportaseterkini.net

Ini juga salah satu cara untuk menengkan hati. Karena apabila anda menangis, anda akan mengeluarkan kekesalan anda dan hati anda akan tenang dan sangat lega karena sudah mengeluarkan kekesalan anda. Dan di dalam air mata juga memiliki racun yang apabila dikeluarkan, diri anda akan lebih tenang dan lebih sehat.

Hal ini bukan hanya untuk kaum hawa saja, kaum lelaki pun juga dapat melakukannya. Karena menangis adalah hal yang wajar saja, menangis adalah sifat dasar manusia. Tidak ada orang yang tidak pernah menangis, karena saat anda lahir pastinya anda menangis.

11- Mengubah Cara Pandang

Seperti yang saya katakan di awal, besar kecilnya masalah itu tergantung bagaimana kita menghadapi masalah itu. Jadi cobalah untuk mengubah cara pandang anda untuk masalah tersebut. Misalkan anda sedang dikucilkan, cobalah untuk berfikir anda dikucilkan oleh orang yang memang yang tidak menyukai anda, dan pastinya ada orang yang masih menerima anda dengan baik.

12- Berbagi dengan Orang Lain

sedekah dengan barang layak pakai

Sumber: twitter.com

Berbagi dengan orang lain sangatlah penting, terutama berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Karena dengan berbagi, anda akan menghasilkan hormon yang akan membuat anda lebih bahagia. Dan dengan berbagi Allah akan memudahkan masalah kita.

Dan saat kita melihat orang yang kita berikan bahagia, pastinya kita akan merasa bahagia juga. Maka dari itu cobalah berbagi, anda akan merasakan kebahagiaan dan hati anda akan lebih tenang. Walaupun tidak menyelesaikan masalah anda, setidaknya hati dan pikiran anda menjadi tenang dan dapat berpikir lebih jernih.

13- Olahraga

Sumber: www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Sumber: www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Mengapa Olahraga? Karena dengan berolahraga kita akan mendapatkan oksigen yang lebih banyak yang membuat hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Maka dari itu jangan anggap sepele olahraga, olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Untuk menenagkan hati dan pikiran, tidak perlu olahraga yang berat. Cukup dengan olahraga ringan seperti jogging, senam dan olahraga ringan lainnya. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya anda melakukannya dengan rutin, misalnya 1 minggu 2 kali.

14- Tersenyum

Sumber: www.hendrasoleh.com

Sumber: www.hendrasoleh.com

Apabila anda sedang memiliki masalah dan hati anda gelisah, cobalah untuk tersenyum. Karena dengan tersenyum, anda akan menghasilkan hormon yang membuat anda bahagia. Tetapi jangan senyum karena tidak ada alasan, karena akan terlihat aneh dimata orang lain. Cukup senyum dengan sewajarnya dan jangan terlihat sedang bersedih.

15- Hindari Kebisingan

Sumber: segiempat.com

Sumber: segiempat.com

Untuk merasakan ketenangan hati maupun pikiran, anda membutuhkan tempat yang bersuara bising. Karena apabila anda ditempat yang bising, pikiran anda akan bertambah bebannya dan anda akan lebih pusing. Maka lebih baik jauhi tempat yang memiliki suara bising dan cobalah mencari tempat yang lebih sunyi.

Itulah beberapa cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Semoga ilmu yang kita bahas saat ini bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran yang baik bagi kita. Sekian dari saya, terimakasih.

 

Add Your Comment