Cara Mengganti Ip Address Komputer

Author: | Posted in Teknologi No comments
illustrasi internet Sumber: ipnationblog.com

illustrasi internet
Sumber: ipnationblog.com

Ip Address – Ip address atau internet protocol address adalah angka biner yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer host dalam jaringan komputer. Terkadang ada masalah dengan Ip address milik kita sehingga kita harus mengganti Ip milik kita, biasanya masalah yang ada adalah Ip kita dan komputer lain sama sehingga bentrok.

Karena bentrok IP akhirnya kita harus mengganti Ip dan menggunakan Ip baru. Terkadang juga kita ingin membuka website luar negeri tetapi tidak bisa dibuka oleh IP address indonesia. Akhirnya kita tidak membuka website tersebut karena tidak dapat masuk dengan IP indonesia.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengganti IP address dan bagaimana cara mengganti IP address menjadi IP luar negeri. Banyak cara untuk merubah IP address menjadi IP luar negeri. Kita akan membahas semuanya satu persatu dengan detail.

Mengganti IP Komputer Sendiri

Sebenarnya mengganti IP komputer kita sangatlah mudah, tetapi masih banyak orang yang tidak tahu caranya. ada beberapa step yang dibutuhkan untuk mengganti IP komputer kita. kita akan membahasnya sekarang.

Check IP Address

windows run Sumber: Dokumen Pribadi

windows run
Sumber: Dokumen Pribadi

Yang pertama kali kita butuhkan adalah mengetahui IP kita yang kita gunakan sekarang. Kita akan menggunakan aplikasi bawaan windows untuk mengecheck IP kita. Pertama tekan Win+R dikeyboard untuk membuka Windows run. setelah terbuka windows run tuliskan cmd pada kolom open lalu tekan ok.

cek ip address cmd Sumber: Dokumen Pribadi

cek ip address cmd
Sumber: Dokumen Pribadi

Setelah terbuka window command prompt atau cmd, ketikkan ipconfig. Maka command prompt akan bekerja dengan sendirinya untuk mencari IP address milik kita. Setelah itu akan keluar penjelas IP address milik kita seperti pada gambar.

Mengubah IP Address

Setelah mengecek IP address milik kita, sekarang kita tau apa yang harus kita ubah dan kita tau IP address awal kita. cara mengganti IP selanjutnya adalah membuka control panel atau langsung mengklik network setting pada internet connection.

network setting Sumber: Dokumen Pribadi

network setting
Sumber: Dokumen Pribadi

Karena saya menggunakan windows 10 akan sedikit berbeda tampilan control panel milik saya. Kemudian buka Network and Sharing center, lalu ditab active network klik connections. Setelah itu akan terbuka layar internet status, karena saya menggunakan kabel lan layar yang terbuka adalah ethernet properties.

merubah IP address\ Sumber: Dokumen Pribadi

merubah IP address\
Sumber: Dokumen Pribadi

Setelah terbuka layar ethernet pilih menu properties. Kemudian double klik pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4), maka akan keluar layar untuk mengubah IP address kita. Setelah itu pilih Use Following IP Address untuk mengubah IP kita. Setelah itu masukan IP yang ingin kita ganti. Saya mengganti IP saya dari 192.168.10.162 menjadi 192.168.10.166.

Setelah mengisi kolom IP address isika juga kolom Subnet Maks dengan 255.255.255.0 dan pada default gateway isikan sesuai dengan alamat default router atau samakan dengan yang ada di layar cmd anda. setelah itu isikan DNS yaitu Preferred DNS server dan Alternate DNS server dengan mengisikan DNS anda atau ganti dengan DNS server yang menurut anda lebih bagus.

Setelah itu klik ok dan IP anda akan terganti. Kemudian cek kembali IP Address anda di cmd. Bila sudah berganti berarti anda sudah berhasil mengganti IP address anda.

Cara Mengganti IP Address Menjadi IP Luar Negeri

illustrasi IP address Sumber: smansafactortedi2014.blogspot.com

illustrasi IP address
Sumber: smansafactortedi2014.blogspot.com

Terkadang kita membutuhkan IP luar negeri untuk membuka website yang diblokir di indonesia seperti dailymotion yang terkadang diblokir oleh beberapa provider internet di indonesia. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengganti IP address menjadi IP luar negeri, tetapi disini kita hanya akan membahas dua cara yaitu dengan menggunakan extension pada browser atau dengan VPN.

Extensions

Extensions adalah aplikasi yang terdapat pada hampir semua browser seperti google chrome atau mozilla. Kita dapat mendownload aplikasi extension dengan membuka menu extension pada masing-masing browser. Saya akan menjelaskan cara mendownload extension untuk merubah IP menggunakan google chrome karena tidak jauh berbeda dengan mozilla.

extension Sumber: dokumen pribadi

extension
Sumber: dokumen pribadi

Pertama bukalah browser google chrome anda lalu pilih menu more tools yang ada dipojok google chrome. Setelah itu pilih extensions, maka akan keluar tab baru yaitu tab extension. Setelah itu scroll kebawah tab itu maka akan ada pilihan more extensions, lalu klik.

download extension Sumber: Dokumen Prbadi

download extension
Sumber: Dokumen Prbadi

Ada beberapa extension untuk merubah IP address menjadi IP luar negeri. Saya akan menggunakan extension bernama anonymox untuk merubah IP saya menjadi IP luar negeri. Setelah anda mencari dikolom search, lalu klik add to chrome extension bernama anonymoX karena anonymoX lebih mudah untuk dipakai.

Setelah anda menyetujui pemasangan extensions itu maka anda tinggal menggunakannya. caranya klik gambar extension anonymoX yang berada di pojok chrome. lalu pilih IP negara mana yang anda ingin pakai, kemudian geser kolom anonymox is dari off menjadi on setelah itu IP anda akan berubah dengan sendirinya menjadi IP luar negeri yang anda pilih.

anonymoX Sumber: Dokumen pribadi

anonymoX
Sumber: Dokumen pribadi

Anda dapat menggunakan extension lainnya seperti Hola dan browsec VPN. Tetapi saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan anonymoX karena lebih enteng dan lebih mudah dipakai.

VPN

vpn atau virtual private network adalah sebenarnya VPN biasa digunakan oleh perkantoran untuk menyambungkan data dari komputer diluar kantor ke komputer atau server yang berada dikantor. Tetapi VPN juga dapat digunakan untuk mengganti IP address menjadi IP luar negeri. Walaupun kadang untuk mendapatkan VPN harus berbayar tetapi ada beberapa VPN yang bisa didapatkan gratis.

VPN Sumber: dokumen pribadi

VPN
Sumber: dokumen pribadi

Kita akan membahas semua step untuk membuat VPN dengan komputer anda. pertama buka network setting lalu pilih network and sharing center, kemudian pilih set up new connection or network. Setelah itu pilih connection to workplace, akan keluar dua pilihan maka pilih yang atas yaitu use my internet connection.

Setelah keluar layar VPN tuliskan us.websitevpn.com lalu klik create, maka vpn anda akan terbuat dengan sendirinya. setelah itu masuk ke menu VPN dan masuk ke advance option lalu edit. Ubah VPN type menjadi PPTP dan sign in info menjadi username and password. masukan websitevpn.com untuk username dan freevpn untuk password.

VPN setting Sumber: Dokumen Pribadi

VPN setting
Sumber: Dokumen Pribadi

Setelah itu coba sambungkan, bila tidak bisa hapus kembali dan coba dari awal. Setelah tersambung berarti komputer anda sudah terhubung dan berubah IP addressnya menjadi IP address US.

Mungkin itu yang saya dapat jelaskan. Semoga bermanfaat, sekian terimakasih.

Add Your Comment