10 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Sesuatu

Author: | Posted in Islam, Ragam Cara No comments
Sumber: abiummi.com

Sumber: abiummi.com

Malas adalah suatu penyakit yang ada di setiap orang di dunia ini. Tidak ada orang yang tidak memiliki rasa malas, serajin apa pun orang pasti ada rasa malas mengerjakan sesuatu yang dia kurang suka. Misal, seorang siswa sangat rajin belajar matematika, tetapi dia malas untuk belajar sejarah.

Malas juga suatu penyakit yang paling sulit untuk diobati, tetapi masih ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Mulai dari rasa malas belajar sampai malas untuk mengerjakan sholat semua ada cara untuk menghilangkan rasa malas tersebut.

Rasa malas ini penyakit yang bersarang pada diri kita, dan apa bila kita tidak melawannya, rasa malas ini akan terus tumbuh dan akan menghambat kita untuk menjadi sukses. maka dari itu kita harus menghilangkan rasa malas tersebut sehingga kita dapat menjadi orang yang sukses.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas ini. Tetapi akan percuma bila anda tidak ingin mengerjakannya. Cara-cara ini tidaklah sulit dan tidak memakan waktu yang banyak. Yang bertama anda butuhkan pastinya adalah niat, niat untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Beginilah cara menghilangkan rasa malas:

1- Niat dan motivasi diri

sumber: pixabay.com

sumber: pixabay.com

Hal yang paling penting adalah niat, sebelum anda melakukan sesuatu anda harus niat dengan bersungguh-sungguh untuk mengerjakan hal tersebut. Bila anda sudah tidak ada niatan untuk mengerjakan tersebut, diri anda tidak akan mau bergerak untuk melakukan hal tersebut. Jadi niatlah terlebih dahulu sebelum anda mengerjakan sesuatu.

Selain niat, anda juga harus memotivasi diri. Banyak cara untuk memotivasi diri, misalnya dengan memberikan hadiah pada diri sendiri apabila anda mengerjakan hal tersebut. Anda juga dapat memotivasi diri dengan cara meminta orang terdekat atau orang yang menurut anda spesial untuk memotivasi anda.

2- Menata Hidup dan Waktu

Sumber: perawatsetengahmuda.wordpress.com

Sumber: perawatsetengahmuda.wordpress.com

Setelah anda niat dan memotivasi diri anda juga dapat menata hidup anda. Salah satu contoh menata hidup adalah, membersihkan ruang kerja atau ruang belajar anda, mengumpulkan semua berkas yang anda butuhkan disatu tempat dengan rapih. Dan coba lah menata hidup anda dengan menata rumah anda dengan design yang anda suka.

Dengan seperti itu, rasa malas anda yang sudah bersarang dalam diri anda akan hilang dikit demi sedikit. Dan selain menata hidup, anda juga harus menata waktu agar semua yang anda kerjakan dapat lebih bermanfaat untuk diri anda sendiri. Anda harus menata waktu anda dari mulai bangun pagi hingga tidur kembali malam harinya.

3- Kerjakan Perkerjaan Sulit di Pagi Hari

Sumber: tabloidnova.com

Sumber: tabloidnova.com

Pagi hari adalah waktu-waktu dimana otak kita memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dan tubuh kita masih memiliki fisik yang sangat vit. Jadi usahakan untuk mengerjakan sesuatu yang menurut anda sulit dipagi hari dan jangan ditunda hingga siang atau malam. Karena saat siang dan malam rasa malas akan terus bertambah.

Dan jika anda menunda pekerjaan, maka pekerjaan tersebut akan bertumpuk dan menjadi beban pikiran yang berat. Dan setelah pekerjaan menjadi banyak, anda akan menjadi tambah malas dan berfikir untuk mengerjakan esok harinya. Dan kemungkinan besar keesokan harinya anda akan melakukan hal tersebut kembali.

4- Hilangkan Kebiasaan Istirahat di Luar Jamnya

Sumber: pixabay.com

Sumber: pixabay.com

Untuk menghilangkan rasa malas pada diri anda, anda harus menata waktu anda. Salah satunya adalah menata waktu istirahat anda, jika belum waktunya istirahat usahakan jauhi tempat istirahat anda, seperti sofa atau kasur. Karena apabila anda berada di dekat tempat istirahat, otak anda akan berfikir untuk istirahat.

Walaupun terkedang kita berfikir untuk beristirahat sejenak di luar waktu istirahat tersebut, maka kemungkinan besar kita akan kelewatan dan lupa waktu sehingga kita membuang-buang waktu kerja kita. Jadi cobalah usahakan untuk menjauh dari tempat istirahat anda saat anda sedang bekerja, dan jangan mencari alasan walaupun hanya sekedar meregangkan kaki dan tangan.

5- Berfikir Positif

Sumber: simcardjepang.com

Sumber: simcardjepang.com

salah satu penyebab kita malas adalah karena kita sudah berfikiran negatif sebelum mengerjakan sesuatu. Dan untuk melawan hal itu, kita harus terus berfikir positif dan tetap melakukan hal yang positif juga. Dan ada juga dengan cara terus berkata dengan kata-kata positif, seperti “hari ini adalah hari yang indah untuk bekerja”.

Anda juga dapat menuliskan kata-kata positif di tempat anda bekerja atau anda dapat menuliskannya di note yang ditempel di dekat tempat anda melakukan pekerjaan tersebut. Jika anda bekerja dengan media notebook atau sejenisnya, anda bisa membuat kata-kata tersebut menjadi wallpaper anda.

6- Catat Tujuan dan Hal yang Anda Akan Kerjakan

Sumber: a2ua.com

Sumber: a2ua.com

Dengan mencatat tujuan anda, anda dapat terus mengingat tujuan anda dan anda dapat terus termotivasi saat anda merasa malas. Cara ini sangatlah sederhana, tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa. Saya sudah mempraktekan cara ini dengan menuliskan tujuan saya di note laptop saya.

Selain tujuan, anda juga dapat menuliskan hal apa saja yang anda harus kerjakan hari itu atau biasa di sebut “to do list”. Contohnya, anda harus mengerjakan tugas sekolah atau kuliah dan anda juga harus mengerjakan kerjaan anda sendiri. Anda dapat menuliskannya di notebook atau di smartphone anda, sehingga anda teringat akan pekerjaan itu.

7- Pindah Tempat

Terkadang kita bosan dengan tempat kita mengerjakan sesuatu sehingga kita malas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Cara ini lebih tepat untuk anda yang masih belajar di sekolah ataupun kuliah. Tetapi, untuk orang yang sudah bekerja pun bisa asal anda kerja di tempat yang fleksibel.

Biasanya siswa atau mahasiswa akan mengerjakan tugasnya di kamar ataupun di perpustakaan. Tetapi, kalau anda berlama-lama disana, anda akan merasa malas dan bosan pastinya. Jadi cobalah pindah tempat ke tempat yang menurut anda bisa membuat anda lebih nyaman dan rileks.

8- Relaksasi

Sumber: terapiotak.com

Sumber: terapiotak.com

Otak yang dipaksa untuk bekerja terus menerus akan terbebani dan akan menghilangkan konsentrasi sehingga rasa malas akan muncul. Untuk menghilangkan rasa malas ini anda bisa melakukan relaksasi beberapa menit. Misalnya dengan cara mendengarkan musik atau keluar sejenak merasakan angin luar.

Tetapi usahakan untuk tidak istirahat seperti, duduk disofa atau tiduran. Karena dapat memicu rasa malas anda menjadi lebih besar dan anda bisa-bisa tidak ingin melanjutkan pekerjaan anda. Anda juga bisa mendengarkan musik kesukaan anda sambil mengerjakan pekerjaan anda.

9- Olahraga Rutin

Sumber: www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Sumber: www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Olahraga merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Jika anda rutin berolahraga tubuh anda akan merasa lebih segar dan rasa malas akan menghilang sedikit demi sedikit. Rasa malas juga dapat dikarenakan kurangnya vitamin dalam tubuh dan kurangnya olahraga.

Karena itu usahakan untuk meluangkan waktu anda untuk berolahraga, contohnya setiap pagi anda dapat jogging 10 sampai 15 menit. Tetapi jika anda bosan, anda dapat menambah porsi olahraga anda dengan olahraga lainnya seperti berenang dan bermain bola. Dan usahakan mengerjakan olahraga yang anda suka agar anda lebih fokus mengerjakannya.

10- Hilangkan Rasa Malas dengan Cara Islam

Agama islam juga mengajarkan untuk meninggalkan rasa malas yang ada dalam diri kita. Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Dan ada juga dalil untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Inilah cara menghilangkan rasa malas menurut islam:

Memperbanyak Doa

Sumber: gambartop10.blogspot.co

Sumber: gambartop10.blogspot.co

Doa adalah senjata paling ampuh milik orang muslim dalam hal apapun, dan termasuk juga kedalam senjata untuk menghilangkan rasa malas ini. Ibnu Qayyim dalam karyanya al-jawab al-kafi li man sa’ala ‘anid-Dawa asy-syafi, menjelaskan bahwa obat yang paling ampuh menghilangkan penyakit adalah doa.

Penyakit apapun itu pasti dapat dihilangkan dengan doa, karena Allah maha kuasa, Allah dapat menghilangkan semua penyakit yang kita derita, dan itu termasuk penyakit malas ini. Di antara doa yang diajarkan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk mengurangi rasa malas adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ والْجُبْنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ. رواه أبو داود

” Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesusahan, dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan sifat malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir dan pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tak mampu ditanggung serta kesewenangan orang yang tak mampu dilawan.”(HR Abu Dawud)

Rasa Malas Adalah Bisikan Setan

Sumber: rangkumantody.blogspot.com

Sumber: rangkumantody.blogspot.com

Rasa malas sebenarnya datang dari bisikan setan. Setan berusaha mengusik dan membujuk kita agar mengikuti hawa nafsu untuk menjadi pemalas dalam hal apapun, khususnya ibadah. Rasulullah S.A.W pernah bersabda:

“Setan mengikatkan tiga ikatan di belakang kepala salah seorang dari kalian ketika tidur. Pada setiap ikatan setan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah.” Apabila salah seorang dari kalian terjaga dari tidur, lalu menyebut nama Allah, maka akan terlerai satu ikatan. Jika ia mengambil wudu, maka terlerai satu ikatan lagi. Dan jika ia salat, maka terlerailah semua ikatan. Jika demikian, maka ia akan bangun di waktu pagi dalam keadaan rajin serta lapang hatinya. Jika ia tidak (melakukannya), maka ia bangun pagi dalam keadaan buruk jiwanya dan diliputi rasa malas.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibn Hibban, dan lainnya)

Dalam hadist tersebut menjelaskan bahwa rasa malas yang ada pada manusia adalah bisikan dari setan. Dan cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengucapkan nama Allah, lalu berwudhu dan kemudian mengerjakan sholat. Insya Allah apabila kita mengerjakan hal tersebut, semua rasa malas kita akan hilang.

Itulah cara jitu untuk menghilangkan rasa malas dalam mengerjakan sesuatu. Yang anda butuhkan sekarang adalah niat untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Semoga ilmu yang kita bahas kali ini bermanfaat bagi kita, dan kita dapat dijauhkan dari rasa malas. Sekian dari saya, terimakasih.

Add Your Comment