Cara Merawat Anak Kucing Persia

Author: | Posted in fauna No comments
Kucing persia himalaya

Sumber: www.satwapedia.com

Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dan moncong pendek. Seperti namanya persia, kucing ini berasal dari Iran. Kucing persia mulai dikembangkan di Inggris dan Amerika setelah perang dunia ke II, yaitu akhir abad 19. Di inggris kucing persia disebut sebagai longhair atau persian longhair.

Kucing persia adalah kucing yang banyak dipelihara oleh para pecinta kucing. Kucing persia juga sangat populer. Karena bulunya yang halus dan panjang serta sifatnya yang manja, banyak orang yang menjadikan itu sebagai alasan untuk memelihara kucing persia.

Anak kucing persia hitam

Sumber: www.meongku.com

Anda juga ingin memelihara kucing persia ini bukan? Mungkin beberapa dari anda ingin memelihara kucing ini dari kecil. Tetapi anda masih ragu karena tidak tahu cara merawat anak kucing persia. Dalam merawat anak kucing persia memang ada cara-cara tersendiri dan harus diberikan perhatian khusus.

Karena itu, kali ini kita akan membahas cara merawat anak kucing persia. Dari cara menjaga kesehatannya sampai cara memberikan kasih sayang yang baik kepada anak kucing persia. Anda harus merawat anak kucing persia dengan baik agar sang anak kucing persia memiliki perkembangan tubuh yang sehat. Begini caranya:

1- Menjaga Kesehatan Induk Kucing

Induk kucing

Sumber: lykasalcatlovers.wordpress.com

Untuk anda yang mempunyai induk kucing persia, anda harus menjaga kesehatan induknya. Karena anak kucing persia yang berumur kurang dari 3 bulan masih menyusu kepada induknya. Jika sang induk terkena penyakit, anaknya akan mempunyai kemungkinan untuk terkena penyakit. Berikan makanan yang baik dan berikan tempat tinggal yang bersih.

2- Memberikan Asupan Yang Baik Untuk Anak Kucing Persia

Memberikan asupan yang baik adalah hal yang harus diperhatikan, karena kalau salah bisa membuat anak kucing persia anda sakit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan asupa berupa susu, air dan makanan.

1. Susu

Susu khusus kucing

Sumber: www.akalil.com

Anak kucing persia yang masih berumur dibawah 3 bulan biasanya masih menyusu kepada induknya. Namun jika anda ingin memberikan susu kepada sang anak juga tidak masalah. Yang harus diperhatikan adalah, jangan coba-coba untuk memberikan susu sapi untuk kucing persia, Karena dapat membuatnya sakit dan mencret. Susu yang harus diberika adalah susu formula khusus kucing.

2. Air

Sediakan selalu air untuk minum anak kucing persia. Pastikan bahwa air yang digunakan adalah air yang bersih. Dan tempat minumnya pun juga harus steril dan rendah agar anak kucing persia dapat menjangkaunya. Anak kucing persia pada umumnya suka bermain dengan air dan menarik-narik tempat air minum, Jadi pakailah tempat air minum yang lumayan berat.

3. Makanan

Dry food kucing

Sumber: www.radiokucing.com

Untuk makanan kucing persia yang masih anak-anak ada makanan khusus. Perhatikan prodik makanan yang anda beli, belilah yang kitten untuk anak kucing persia. Dan berikan dry food, karena dry food baik untuk pertumbuhan gigi anak kucing dan mempunyai gizi yang lebih banyak.

3- Tempat Tinggal yang Baik

tempat tinggal kucing persia

Sumber: www.abiummi.com

Tempat tinggal yang nyaman untuk kucing juga harus diperhatikan. Jangan dianggap hal ini sepele, karena anak kucing bisa saja sakit karena tempat tinggal yang tidak nyaman dan kotor. Jadi, pastikan bahwa tempat tinggalnya bersih dan pastikan bahwa tempat itu tidak dibuat tempat buang air besar atau kecil.

Dan berikan selimut untuk memberikan kehangatan, karena anak kucing persia belum mempunyai bulu yang lebat. Jangan lupa, tempat tinggal untuk anak kucing persia harus luas, karena anak kucing persia dibawah umur 3 bulan biasanya lebih lincah dan suka bermain-main.

4- Vaksin dan Obat

Obat cacing kucing

Sumber: www.tokopedia.com

Hal penting dalam cara merawat anak kucing persia adalah jangan lupa untuk memberikan vaksin atau obat cacing untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak kucing persia. Untuk pemberian vaksin, lebih baik langsung ke dokter hewan agar sesuai dengan aturan dan agar tidak salah vaksin atau obat.

Dan apabila sang anak kucing mempunyai belek dan berair, cobalah untuk membersihkan menggunakan tisu basah atau tisu yang bertekstur lembut. Kalau anak kucing persia anda terus belekan dan berair, pakai obat tetes mata khusus untuk hewan atau kucing.

5- Fasilitas Pembantu

Litter box

Sumber: spicalandblog.blogspot.com

Untuk kenyamanan anak kucing persia, Berikanlah Litter Tray/Box untuk tempat buang air besar sang anak kucing persia. Jangan gunakan pasir yang biasa ada diluar, gunakan pasir khusus yang dijual di petshop atau toko kucing. berikan alas berupa koran untuk pasir pada Litter Tray. Dan jangan lupa untuk membersihkannya.

6- Berikan kasih sayang

Cobalah untuk memberikan sentuhan lebut atau mengusap sang anak kucing supaya dia nyaman dan lebih mengenali anda. Dan berikanlah dia mainan seperti bandul atau mainan kucing lainnya. Dan jangan lupa untuk membersihkan bulunya dengan hati-hati, karena untuk anak kucing dibawah 3 bulan belum boleh dimandikan.

Itulah cara merawat anak kucing persia. Tidak terlalu sulit bukan? Sekarang mungkin anda sudah siap untuk merawat anak kucing persia. Semoga ilmu yang kita bahas sekarang bermanfaat dan dapat disebar luaskan. Sekian dari saya, terima kasih.

Add Your Comment