Cara Mudah Menghafal Al Qur’an

Author: | Posted in Islam No comments
Sumber: quranalbums.wordpress.com

Sumber: quranalbums.wordpress.com

Banyak sekali orang yang ingin menjadi penghafal al-qur’an, karena pahala dan derajat seorang penghafal al-quran sangatlah tinggi. Tetapi, banyak orang yang belum tau bagaimana dan metode apa yang harus diterapkan dalam membaca al-quran.

Menghafal al-quran bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Karena setiap orang punya kadar masing-masing pada otak mereka. Tetapi, bukan berarti tidak semua orang dapat menjadi penghafal al-quran atau hafidz al-quran, Setiap orang bisa menjadi penghafal al-quran apabila ada kemauan dan usaha disertai doa-doa dan dengan metode dan cara yang tepat.

Karena itu, kali ini kita akan membahas cara mudah hafal al-quran dengan berbagai metode dan cara-caranya. Banyak metode-metode yang dipakai para hafidz quran dan telah terbukti bahwa mereka dapat menjadi hafidz al-quran dengan metode tersebut.

Metode Menghafal 20×20

Sumber: sugiartiugi.blogspot.com

Sumber: sugiartiugi.blogspot.com

Metode ini adalah metode yang cukup banyak orang lakukan, karena dengan metode ini banyak orang yang lebih cepat dan lebih cukup lama berada di ingatan. Metode 20×20 ini juga dipakai oleh beberapa hafidz quran yang insya allah kita juga bisa melaksanakannya.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengulang ayat yang kita ingin hafalkan sebanyak 20 kali. Kalau anda ingin menghafal 4 ayat atau lebih, lebih baik dibagi dua misalnya 4 ayat yang ingin dihafal, mulai dengan membaca 2 ayat pertama sebanyak 2 kali dan 2 ayat selanjutnya sebanyak 20 kali.

Setelah itu gabungkan ke 4 ayat tersebut dengan membacanya sebanyak 20 kali. Apabila hari selanjutnya anda ingin melanjutkan hafalan, murojaah dahulu ayat yang kemarin anda hafalkan dan baca sebanyak 20 kali. Hal ini dilakukan agar hafalan anda tetap kokoh dalam ingatan anda.

Metode Talaqqi

Sumber: pixabay.com

Sumber: pixabay.com

Metode talaqqi adalah metode yang membutuhkan 2 orang atau lebih, dan satu orang akan menjadi mentornya. Metode ini sudah diterapkan dari zaman nabi muhammad, nabi muhammad mengajarkan al-quran pada para sahabat dengan metode ini yaitu dengan cara bertatap muka dan mengulangi ucapan nabi muhammad.

Metode talaqqi ini juga di terapkan di pesantren yang sekarang saya tinggali, yaitu pesantren sintesa. Dengan metode ini kami dapat menghafalkan 1 halaman dalam waktu 1 minggu, hal ini dikarenakan pesantren saya tidak mengincar banyaknya hafalan, tetapi lebih mengincar kualitas hafalan.

Metode talaqqi adalah metode tatap muka dengan guru dan mengulangi apa yang diucapkan, dan sang murid tidak boleh membaca ayat yang ingin dihafal terlebih dahulu agar makhroj hurufnya tidak salah dan sesuai dengan guru yang mengajarkan.

Metode ini juga dapat digabungkan dengan metode 20×20 yang tadi saya jelaskan di atas. Caranya yaitu sang guru membacakan ayat yang ingin dihafal sebanyak 20 kali dan sang murid mengikuti. Tetapi metode ini melakukan cara berangsur.

Misalnya “innallaha ghofururahim” sang guru tidak bisa langsung membacakan 1 ayat langsung apalagi kalau ayat yang ingin dihafalkan panjang, sang murid akan susah untuk mengikutinya. Jadi dibacanya dengan cara dipotong-potong, misalnya sang guru membacakan “innallah” dahulu sebanyak 20 kali apabila sudah lancar maka dapat dilanjutkan ke potongan ayat selanjutnya, dan seterusnya seperti itu.

Tips untuk Serius Menghafal Al-quran

Selain 2 metode tadi, ada juga beberapa tips yang bisa diamalkan untuk mempermudah menghafal al-quran. Karena terkadang ada beberapa orang yang telah menggunakan metode yang benar tetapi tetap tidak bisa menghafal al-quran. Saya akan menjelaskan tips-tipsnya.

1- Mengikhlaskan Niat

Sumber: erwinzulkarnain.com

Sumber: erwinzulkarnain.com

Hal yang paling penting dalam menghafal al-quran adalah mengikhlaskan niat. percuma saja kita telah menghafal al-quran banyak-banyak tetapi tidak di niatkan dengan benar. Terkadang juga niat yang salah juga dapat memperlambat hafalan.

Bila kita niatkan hafalan kita hanya untuk allah, maka insya allah allah akan menolong kita dan mempermudah hafalan kita. Dan apabila di niatkan karena allah semata, insya allah malas dan bosan akan dihilangkan oleh allah. Karena Bosan adalah musuh terbesar para penghafal al-quran, apa lagi bagu yang baru menghafal.

2- Memperbaiki bacaan

Sumber: play.google.com

Sumber: play.google.com

Sebelum mulai menghafal al-quran, ada baiknya kita memperbaiki bacaan al-quran dan tajwid kita terlebih dahulu. terlebih bagi orang-orang yang menghafal diluar metode talaqqi. Hal ini bertujuan untuk menghindari dari kesalahan dan kekeliruan saat membaca.

3- Mengutamakan Durasi

sumber: pixabay.com

sumber: pixabay.com

untuk menghafal al-quran, lebih baik kita mengutamakan durasi dari pada banyak ayat yang kita hafalkan. Terlebih apa bila kita cepat menghafal, kalau cepat menghafal dan kita menargetkan hanya beberapa ayat saja, akan kurang baik. lebih baik kita gunakan waktu yang ada untuk membaca al-quran.

Misal, kita menargetkan menghafal al-quran selama 1 jam. Maka dalam 1 jam tersebut kita harus menghafal semaksimal mungkin, dan untuk yang hafalannya cepat akan menambah hafalan lebih banyak dengan cara ini. Dan insya allah dengan cara ini kita semua dapat memperbanyak hafalan.

4- Fokus Pada Perbedaan, Baikan Persamaan

Misalkan “Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukadz dziban” jika kita menghafalkan 1 ayat ini, sama saja kita telah menghafal 31 ayat dari 78 ayat yang ada disurat ar-rahman. Jadi ayat ini kita cukup hafalkan 1 kali saja, lalu fokuslah merangkai ayat sebelumnya dan sesudahnya agar tidak tertukar dengan ayat yang lainnya.

5- Memperbanyak Doa

Sumber: gambartop10.blogspot.co

Sumber: gambartop10.blogspot.com

Doa adalah senjata paling ampuh milik umat muslim, jadi dalam menghafal kita juga harus berdoa agar dimudahkan oleh allah. Dan setiap amalan yang kita diawali dengan doa, begitu juga dengan menghafal al-quran. Doa yang paling mudah sebelum membaca al-quran adalah:

اَللّهُمَّ يَسِّرْلَنَا فِى حِفْظِ كِتَابِكَ

“Ya allah mudahkan kami dalam menghafal kitabmu(al-quran)”

Itu adalah metode-metode dan cara menghafal al-quran dengan mudah. Semoga ilmu yang kita bahas saat ini bermanfaat, dan semoga allah memudahkan hafalan kita semua. Sekian dari saya, terima kasih.

Add Your Comment