Install Windows dengan Flashdisk Tanpa Software

Author: | Posted in Teknologi No comments
Windows 10 Sumber: pureinfotech.com

Windows 10
Sumber: pureinfotech.com

Bagi pengguna netbook yang tidak di fasilitasi DVD-ROM, pasti akan memilih menggunakan bootable USB untuk menginstall Windows. Dan terkadang juga ada yang tidak mempunyai DVD installan Windows sehingga harus menggunakan bootable USB untuk menginstall Windows.

Dan banyak orang yang tidak mengerti cara menjadikan USB menjadi bootable USB. Walaupun ada aplikasi untuk mengubah USB menjadi bootable USB, tetapi terkadang ada masalah teknis pada laptop atau komputer sehingga tidak dapat menginstall aplikasi tersebut. Terkadang pun kita tidak mempunyai jaringan internet sehingga kita tidak dapat mendownload aplikasi tersebut.

Karena itu kali ini kita akan membahas cara menginstall Windows menggunakan USB atau flashdisk tanpa software. Caranya cukup mudah asalkan anda mempunyai mentahan Windows yang anda ingin Install. kita akan membahas ini secara mendetail sehingga semua dapat mengerti caranya.

Persiapan Bootable USB

Cara mengubah USB menjadi bootable USB sangatlah mudah. Ada beberapa tahap untuk membuat USB anda menjadi bootable USB. Pertama, tancapkan flashdisk yang anda ingin gunakan dan pastikan bahwa mentahan Windows yang anda ingin install tidak ada didalamnya.

diskpart Sumber: dokumen pribadi

diskpart
Sumber: dokumen pribadi

Backup dahulu semua data yang ada di flashdisk anda, lalu format flashdisk anda. Setelah selesai diformat tekan win+R pada keyboard sehingga keluar layar windows run. Kemudian, tuliskan diskpart pada kolom open lalu klik ok. Setelah itu akan keluar layar command prompt diskpart, selanjutnya ketikanĀ list disk dan tekan enter untuk melihat disk mana yang akan anda gunakan untuk menjadi bootable USB.

Membuat Partisi

Usahakan anda tidak mencolok dua flashdisk yang memiliki ukuran yang sama, karena dapat mengecoh anda saat anda memilih disk mana yang akan dijadikan bootable USB. Tentukan disk mana yang akan anda gunakan untuk dijadikan bootable USB, biasanya disk 0 dan disk 1 adalah harddisk yang ada di perangkat anda jadi jangan pilih kedua disk itu dan pastikan bahwa ukuran disk di cmd sama dengan ukuran aslinya.

Select disk Sumber: dokumen Pribadi

Select disk
Sumber: dokumen Pribadi

Disini saya menggunakan flashdisk berukuran 14 gigabyte untuk dijadikan bootable USB. Setelah dipastikan ukurannya sama, ketik select disk 1 (disini flashdisk saya ada di disk 1, jadi saya memilih disk 1), jika disk anda tidak terbaca coba untuk melepas dan memasangnya kembali.

Selanjutnya ketik Clean dan tekan enter untuk membersihkan flashdisk anda dari virus dan lainnya. berikutnya ketik Create partition primary lalu tekan enter untuk membuat partisi pada flashdisk anda. Kemudian ketik select partition 1 dan tekan enter, dan ketik active untuk mengaktifkan partisi yang ada di flashdisk anda.

Format Flashdisk

Setelah anda membuat partisi dan mengaktifkannya sekarang kita harus membersihkan flashdisk secara menyeluruh dari semua data dan history data. Caranya dengan mengetikan Format fs= fat32, tetapi apa bila anda ingin lebih cepat anda dapat merubahnya menjadi format fs=fat32 quick agar formatnya menjadi lebih cepat.

format flashdisk Sumber: dokumen pribadi

format flashdisk
Sumber: dokumen pribadi

Bila anda menggunakan cara yang lama akan lebih bagus dan lebih direkomendasikan. tetapi bila anda sedang buru-buru atau ingin lebih cepat anda dapat menggunakan cara cepatnya seperti yang saya jelaskan di atas. Apabila anda menggunakan cara yang lama, anda harus menunggu sekitar lima hingga sepuluh menit sampai flashdisk selesai terformat.

Copy dan Install Windows

copy windows Sumber: dokumen pribadi

copy windows
Sumber: dokumen pribadi

Setelah anda selesai mengformat flashdisk anda, sekarang anda dapat mengcopy data mentahan Windows yang anda ingin install. Mengcopy data Windows yang lumayan besar membutuhkan waktu yang lumayan lama juga, tergantung komputer dan kapasitas flashdisk anda.

Setelah mengcopy mentahan Windows anda sudah dapat menginstall Windows yang anda inginkan. Tetapi ingat, jangan lupa untuk backup semua data anda yang ada di data C:, karena nantinya semua datanya akan hilang. Pindahkan ke Data D: atau pindahkan ke harddisk external agar datanya tidak hilang.

Setelah semua data telah di backup sekarang anda sudah dapat menginstall Windows ke laptop anda. Bagi yang belum tau caranya, saya akan menjelaskannya. Pertama, nyalakan laptop atau restart laptop anda dengan keadaan flashdisk menempel.

boot manager Sumber: blogs.msdn.microsoft.com

boot manager
Sumber: blogs.msdn.microsoft.com

Selanjutnya masuk ke boot manager, anda dapat masuk ke boot manager dengan menekan tombol del atau esc sesuai laptop atau komputer anda. Tetapi, terkadang ada beberapa merek komputer yang berbeda cara masuk ke menu boot manager. Ada juga yang harus menekan f10 atau f9 untuk masuk ke menu boot manager.

windows 10 installation Sumber: matcitsupport.org

windows 10 installation
Sumber: matcitsupport.org

Setelah masuk ke boot manager, pilih flashdisk anda untuk melakukan boot. Selanjutnya anda akan masuk ke Windows installer, setelah masuk ke Windows installer anda bisa mengklik tombol next sampai pilihan upgrade dan custom. Pilih lah menu custom, dan anda akan masuk ke menu partisi. Selanjutnya format data C: komputer atau laptop anda, kemudian pilih data C: yang telah diformat tadi untuk tempat menginstall Windows.

Windows 10 installation custom Sumber: www.expertreviews.co.uk

Windows 10 installation custom
Sumber: www.expertreviews.co.uk

Menginstall Windows membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit, dan komputer atau laptop anda akan merestart dengan sendirinya beberapa kali. Saat merestart sendiri jangan santuh komputer anda, karena dapat menghentikan installan Windows.

windows 10 interface Sumber: thenextweb.com

windows 10 interface
Sumber: thenextweb.com

Setelah selesai menginstall, anda bisa mensetting komputer anda semau anda. Untuk anda yang menginstall Windows 10, pastikan untuk lepas flashdisk anda setelah selesai menginstall. Dan apabila setelah menginstall anda masuk kembali ke menu Windows installer, cabut flashdisk anda dan restart laptop anda.

Itu lah cara install windows menggunakan flashdisk tanpa software. Semoga ilmu yang kita bahas saat ini bermanfaat bagi kita semua, sekian terimakasih.

 

Add Your Comment