Cara Membuat Kerajinan Gelas dari bambu dengan Mudah

Author: | Posted in edukasi No comments

Kerajinan Bambu – Bambu merupakan tumbuhan alam yang memiliki banyak sekali manfaat mulai dari batang, daun, rebung yang bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan.

Dari sekian banyak kegunaan dan manfaat bambu saya akan membahas secuil kerajinan yang bisa kita buat dari bambu yang berjudul “cara membuat kerajinan gelas dari bambu”.

Bambu menjadi salah satu bahan kerajinan yang selain kuat juga mudah proses pembuatannya sehingga banyak pengerajin lebih suka menggunakan bambu sebagai bahan utamanya.

Selain itu bambu juga memiliki banyak sekali jenis, baik antara bambu muda dan bambu tua, jenis bambu satu dengan bambu lainnya dan uniknya lagi dari setiap jenis bambu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga memudahkan pengerajin dalam memilih jenis bambu yang cocok untuk kerajinannya nanti.

Kerajinan Bambu

kerajinan gelas bambu

tokopedia.com

Pembuatan kerajinan dari bambu bisa dibilang mudah sehingga kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu dari sekaian banyak kerajinan tangan dari bambu yang bisa anda buat adalah gelas, bagaimana cara membuatnya? kamu penasaran?
Baiklah langsung saja berikut cara membuat kerajinan gelas dari bambu :

  1. Ambillah bambu yang sudah tua kemudian keringkan dengan sinar matahari selama beberapa hari.
  2. Langkah kedua adalah ambil bambu yang sudah dijemur selama beberapa hari tersebut, dan pastikan bahwa bambu tersebut tidak
  3. mengempes karena faktor bambu terlalu muda.
  4. Ambil bagian bawah bambu yang terdapat kukunya atau biasa juga disebut dengan cincin pemisah bambu.
  5. Potong bambu sesuai ukuran gelas yang ingin kamu buat, jadi ukur tingginya terlebih dahulu, kemudian potong.
  6. Setelah dipotong, anda akan mendapatkan bambu yang bentuknya hampir mirip dengan gelas.
  7. Langkah selanjutnya amplas atau haluskan bagian luar bambu agar lebih halus dan bisa dicat nantinya.
  8. Setelah halus, kamu bisa menghiasnya dengan ukiran dengan bentuk yang kamu inginkan, misalnya beri ukiran bunga di sampingnya.
    Setelah itu ambilah cat dan mulailah berkarya dengan gelas tersebut
  9. Anda juga bisa menambahkan mata, hidung, hingga alis di bagian tengah gelas jika memang anda ingin menghiasnya menjadi lebih lucu.
    Untuk bagian dalam nya juga harus anda haluskan agar lebih indah.
  10. Jika gelas sudah siap, anda bisa menggunakan nya sebagai hiasan di rumah atau anda bisa menjualnya di toko oleh-oleh. Selain itu gelas dari bambu ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat minum kamu sendiri.

Itulah Cara membuat kerajinan gelas dari bambu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, sebenarnya cara membuat kerajinan itu bisa diganti-ganti sesuai imajinsi, kereatifan kamu dan tujuan dari pembuatan gelas atau kerajinan tersebut.

Tips

Misalnya kamu ingin menggunakannya untuk gelas sungguhan, maka kamu tidak perlu mengecat bagian dalamnya, yang kamu perlu hanyalah menghaluskan serta membersihkannya dengan baik dan benar agar u gelas tersebut bersih dan aman untuk anda gunakan sebagai tempat minum kamu.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan sisa potongan bambu tersebut sebagai bahan dalam pembuatan kerajinan tangan dari bambu jenis lain nya, misalnya saja anda menggunakan nya untuk membuat celengan.

Tentu unik bukan membuat celengan dari bambu. Tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan lem untuk merekatkan bagian bawah bambu dengan penutup bambu yang tersisa. Selanjutnya menempelkan nya, dan untuk hiasanya, kamu bisa mengkreasikan sesui dengan gaya dan keinginan kamu.

Selain gelas kamu juga bisa membuat bambu menjadi tikar tatami dengan cara yang mudah. Kalau kamu ingin membeli tatami, kami men-jual tatami disini.

Demikian Cara membuat kerajinan gelas dari bambu semoga menambah wawasan serta pengetahuan kamu, salam

Add Your Comment