Kerajinan dari Plastik yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Author: | Posted in edukasi No comments

Kerajinan dari Plastik – Dari dahulu sampah plastik selalu menjadi tema perbincangan hangat oleh banyak orang, terutama para akademisi dan pemerhati lingkungan. Kita sebenarnya juga sudah tahu bahwa pemakaian plastik hanya hitungan jam namun untuk bisa menguraikannya memerlukan waktu 450 tahun.

Namun pada kenyataannya, kita memang tidak bisa jika menghilangkan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang akan menjadi masalah serius apabila tidak kunjung ditemukan solusinya.

Berbicara mengenai sampah plastik, tahukah kamu bahwa ada sosok di luar sana yang mendapatkan berkah dari barang yang dikatakan sebagian besar orang sebagai “momok serius” tersebut?

Yup, sosok itu berupa orang-orang dengan gaya berpikir out of the box, mengubah sampah plastik yang dianggap tak berguna menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual atau bahkan karya seni tinggi.

Inilah kerajinan dari plastik yang dapat kamu jadikan referensi untuk mengasah seberapa kreatif cara pandang kamu dalam melihat sesuatu.

Lampu Hias dari Sendok Plastik

kerajinan dari plastik bekas

lampuhias.xyz

Kerajinan dari plastik yang pertama ialah lampu hias. Tanpa kita sadari barang yang kita anggap biasa dan seringkali berakhir di tempat sampah ini bisa dijadikan hiasan yang indah loh. Hanya bermodal sendok plastik, lem dan bekas botol air minum plus dengan sedikit sentuhan saja bisa menjadi seperti ini. Keren kan?

Lukisan Mozaik dari Bekas Tutup Botol

kerajinan dari tutup botol plastik

ayosebarkan.com

Wow! Pernahkah kamu berpikir bahwa lukisan mozaik yang menawan ini terbuat dari bekas tutup botol plastik?

Bagi orang kreatif hal ini tidak lah mustahil, terbukti kerajinan dari plastik ini menjadi suatu karya seni bernilai tinggi. Tertarik untuk membuatnya?

Kanopi dari Botol Bekas

Waahh!! Apalagi ini? Semacam tempat parkir mobil idaman. Hehe. Untuk bisa membuat kanopi super keren ini, kamu hanya perlu menyiapkan bekas botol dan tali. Kemudian ditata sedemikian rupa hingga membentuk seperti bergelombang.

Membuat kerajinan dari plastik seperti ini murah dan tidak sulit bukan?

Chandelier

Nih, ada lagi sebuah kerajinan dari plastik menjadi karya berkelas yang pernah ada. Chandelier pada gambar di atas dibuat oleh Michelle Brand pada acara Haute Green 2007, di New York, Amerika Serikat.

Pada acara tersebut, Michelle Brand berhasil mendapatkan Inhabitat Editor’ Choise atas desain Chandeiler dari bekas botol plastik. Kan, selama ada kemauan untuk berpikir liar, hal sepele pun bisa jadi bernialai seni tinggi. Yakin nih masih mau buang samapah sembarangan?

Vas Bunga Cantik

kerajinan dari botol plastik

wirasejati.com

Bagi kamu yang suka dengan bunga, daripada susak-susah beli vas bunga yang mungkin harganya juga lumayan mahal. Yuk, sedikit bereksplorasi dan mencoba hal baru dengan membuatnya dari botol plastik bekas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Alat yang diperlukan:

Botol bekas yang sudah tidak terpakai.
Gunting.
Bunga beserta tangkainya.

Cara Membuatnya::

Potong botol menjadi 2 bagian, kemudian buang bagian kepalanya sebab tidak akan dipakai lagi.
Gunting lurus ke bawah botol hingga sekitar 4-5 cm.
Lakukan ini ke seluruh sisi botol dengan jarak sekitar 1/2 cm.

Lipat ‘daun’ plastik serupa dengan di gambar, yakni dengan menyelipkan satu ‘daun’ di antara daun di kanannya dan setelahnya.
Lakukan hal ini ke seluruh daun plastik di botol.
Jika sudah, Isi botol dengan air segar, dan taruh tangkai bunga di dalamnya.
Dan Vas bunga pun siap ditaruh di ruang tamu.

Itulah 5 kerajinan dari plastik yang bisa kamu jadikan referensi untuk bereksperimen. Selain itu kamu juga bisa membuat kreasi lainnya dengan menggabungkan dengan bahan lainnya seperti kaos hitam depan belakang agar terlihat lebih keren.

Selamat mencoba !!

Tags:

Add Your Comment