Kupas Tuntas Pengertian Manajemen Keuangan Lengkap!

Author: | Posted in akutansi No comments

Pengertian Manajemen Keuangan – Dalam manajemen ada beberapa jenis manajemen yang dibagi menurut fungsinya. Dan salah satu jenis manajemen yang banyak dibahas adalah manajemen keuangan, karena manajemen kuangan sangatlah penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

cash flow

www.ibuhandal.com

Tanpa adanya manajemen keuangan, sistem manajemen yang lainnya dapat rusak. Contoh, manajemen produksi tanpa adanya manajemen keuangan akan karena tidak bisa mengatur uang yang dibutuhkan dalam proses produksi. Maka dari itu manajemen keuangan sangatlah penting dalam sebuah perusahaan.

Apabila anda ingin mengetahui lebih dalam tentang manajemen, anda dapat membaca pengertian manajemen terlebih dahulu.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Dikutip dari Kembar.pro Manajemen Keuangan adalah semua kegiatan perusahaan yang mempunyai hubungan dengan bagaimana cara mendapatkan pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama.

Selain dari pengertian diatas, masih banyak pengertian manajemen keuangan yang diutarakan dari para ahli. Lalu, bagaimana pengertian manajemen menurut para ahli? Berikut Pengertian manajemen menurut para ahli:

1- Bambang Riyanto

manajemen keuangan menurut bambang

www.sindecolon.com.br

Manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan upaya mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta upaya untuk menggunakan dana tersebut dengan sebaik mungkin.

2- Suad Husnan

Manajemen keuangan adalah manajemen yang berhubungan dengan fungsi-fungsi keuangan dalam sebuah perusahaan.

3- James Van Horne

Manajemen keuangan adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan perolehan dana, serta pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

4- Liefman

Manajemen keuangan adalah upaya untuk bisa menyediakan uang serta menggunakan uang untuk memperoleh aktiva.

5- Grestenberg

cash flow manajemen

www.pojokbisnis.com

Manajemen keuangan adalah bagaimana bisnis yang dijalankan dapat memperoleh dana yang dibutuhkan, bagaimana cara mendapatkan dana tersebut, dan bagaimana penggunaan dana tersebut serta bagaiaman bisnis profit didistibusikan.

Dari Semua pengertian manajemen keuangan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa:

“Manajemen Keuangan adalah sebuah proses dalam kegiatan keuangan perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan usaha untuk memperoleh dana serta meminimalisir biaya dan juga usaha untuk mengelola keuangan suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apa itu manajemen keuangan. Tetapi, ruang lingkup manajemen keuangan apa saja sih? Dan fungsi manajemen keuangan itu apa sih? Maka dari itu kita akan membahasnya sekarang.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Dalam manajemen keuangan, ada 3 rungan lingkup dari manajemen ini. Berikut 3 ruang lingkup manajemen keuangan:

Keputusan Pendanaan

pendanaan manajemen keuangan

www.thestar.com

Keputusan ini mencakup kebijakan manajemen dalam mencari dana perusahaan, contoh kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan yang bersumber dari internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan.

Keputusan Investasi

Keputusan nvestasi adalah kebijakan dalam menanam modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gedung, tanah, dan peralatan ataupun mesin produksi, dan juga aktiva finasial seperti surat-surat berharga yaitu saham dan obligasi atau aktiba untuk mengivestasikan dana pada berbagai aktiva lainnya.

Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan ini adalah keputusan yang berhubungan dengan kebijakan pengelolaan aset yang ada secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan.

Fungsi Manajemen Keuangan

fungsi manajemen keuangan

pinterest.com

Fungsi manajemen keuangan dibagi menjadi 5, yaitu:

Perencanaan (Planning)

perencanaan keuangan digunakan untuk merencanakan arus kas, rugi laba, pengalokasian dan dari mana dana didapatkan. Perancanaan sangat dibutuhkan untuk memastikan keuangan sebuah perusahaan tidak ada kekuarangan ataupun kerugian.

Anggaran (Budgeting)

Setelah perencanaan, menentukan anggaran juga dibutuhkan untuk menghindari kerugian pada perusahaan. Dengan adanya budgeting, dana perusahaan tidak akan terbuang dengan sia-sia.

Pengendalian Keuangan (Controlling)

cara mengendalikan sistem keuangan perusahaan adalah dengan evaluasi dan juga perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan tersebut. Dengan pengendalian ini dapat diharapkan keuangan perusahaan dapat lebih tersusun.

Pemeriksaan Keuangan (Auditing)

Pemeriksaan keuangan pada keuangan perusahaan seperti kas sangat dibutuhkan agar sesuai dengan kaidah standar akutansi dan tidak menyimpang sama sekali. Hal ini dapat dilakukan dengan pengawasan yang diusahakan tidak terjadwal atau dengan dadakan agar lebih efisien.

Laporan Keuangan (Reporting)

Laporan keuangan adalah sebuah informasi tentang kondisi keuangan perusahaan serta input dan output keuangan perusahaan. Laporan ini bertujuan agar keuangan perusahaan yang keluar dan masuk sama dengan yang ada pada kas perusahaan.

Apabila anda ingin mengetahui lebih dalam tentang manajemen, anda dapat membaca pengertian manajemen terlebih dahulu. Dan anda dapat membaca artikel tentang manajemen lainnya.

No Responses

Add Your Comment