Kupas Tuntas Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Fungsinya!

Author: | Posted in akutansi No comments

Pengertian Manajemen Pemasaran – Dalam manajemen, banyak sekali jenis-jenis manajemen yang dibagi menurut fungsinya. Salah satunya adalah manajemen pemasaran.

manajemen penjualan

www.refractories-hw.com

Sebelumnya kita telah membahas semua yang berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia (SDM). Manajemen SDM juga salah satu jenis manajemen yang dibagi menurut fungsinya, dan salah satu jenis manajemen yang sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Walaupun manajemen SDM memiliki tingkatan yang besar di suatu perusahaan, tetapi manajemen pemasaran tidak kalah penting. Apa sih manajemen pemasaran itu? Tugas manajemen pemasaran apa aja sih? Mungkin pertanyaan seperti itulah yang ada dipikiran kalian. Maka langsung saja kita bahas pengertian manajemen pemasaran beserta fungsinya.

Pengertian Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran

fairylandcem.weebly.com

Menurut wikipedia, manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.

Selain dari pengertian manajemen pemasaran dari wikipedia, masih ada beberapa pengertian manajemen pemasaran yang diutarakan oleh beberapa ahli dibidang manajemen. Berikut adalah pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli:

Buchari Alma

menurut Buchari Alma, manajemen pemasaran adalah perencanaan, pengarahan, dan penjagaan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun hanya dalam bagian pemasaran.

Philip Kotler/Armstrong

Manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, penerapan, dan pengendalian atas program yang telah dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan transaksi yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Lupiyo adi

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perancangan, penerapan serta mengkontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungan dengan transaksi yang diinginkan pada konsumen yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi ataupun keuntungan bersama.

American Marketing Association

asosiasi pemasaran amerika

www.underconsideration.com

Manajemen pemasaran adlaah perencanaan, penerapan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan, tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, rencana pemasaran dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan transaksi yang dapat memenuhi tujuan individu ataupun organisasi atau perusahaan.

Dari pengertian manajemen pemasaran yang sudah diutarakan oleh para ahli, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa:

“Manajemen Pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merancang, penerapan, dan pengkontrolan dalam program yang telah ditetapkan. Termasuk rencana pemasaran, kebijakan pemasaran, dan tujuan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan transaksi yang memenuhi tujuan individu maupun tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.”

Setelah mengetahui pengertian dari manajemen pemasaran anda mungkin ingin tahu lebih banyak soal manajemen. Anda dapat membaca pengertian dari manajemen itu sendiri dan sejarahnya lengkap.

Mungkin beberapa dari anda tertarik untuk mendalami manajemen pemasaran. Maka dari itu kita akan melanjutkan pembahasan kita dan masuk ke dalam pembahasan fungsi dari manajemen pemasaran.

Fungsi Manajemen Pemasaran

fungsi manajemen pemasaran

www.tobiyield.com

Fungsi manajemen pemasaran dibagi menjadi 5 fungsi. Berikut fungsi-fungsi dari manajemen pemasaran:

Fungsi Pembelian (Buying)

Salah satu fungsi manajemen pemasaran adalah pembelian. Fungsi pembelian adalah fungsi yang mencari dan menggabungkan barang atau jasa yang dibutuhkan sebagai persediaan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari konsumen.

Fungsi pemasaran ini sebenarnya adalah sebuah proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan salah satu bentuk timbal balik dari aktivitas penjualan (selling). Maka itu, seorang manager pemasaran harus mengetahui dan memahami kegiatan apa saja yang dapat membuat konsumen berfikir untuk melakukan pembelian barang atau jasa.

Fungsi Penjualan (Selling)

fungsi penjualan dalam manajemen pemasaran

www.agenciaeplus.com.br

Fungsi kedua dari fungsi manajemen pemasaran adalah fungsi penjualan. Fungsi penjualan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari para calon pembeli produk atau jasa yang disediakan dan ditawarkan dengan harapan dapat memperoleh keuntungan yang diharapkan.

Kegiatan penjualan adalah kebalikan dari kegiatan pembelian. Kegiatan  pembelian tidak akan terjadi apabila tidak ada kegiatan penjualan, dan begitu juga sebaliknya.

Fungsi Transportasi

Fungsi transportasi adalah kegiatan atau proses memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya yang sudah disediakan.

Fungsi Penyimpanan

Setelah fungsi transportasi atau pemindahan barang, fungsi penyimpanan haruslah dilakukan. Fungsi penyimpanan adalah kegiatan menyimpan suatu produk yang sudah dibeli sebagai persediaan.

Tujuan dari fungsi penyimpanan ini adalah menghidari resiko kerusakan pada barang atau resiko lainnya yang tidak diinginkan. Dengan fungsi penyimpanan barang akan lebih aman dari kerusakan dan juga resiko lainnya.

Fungsi Informasi Pasar

Fungsi informasi pasar adalah salah satu fungsi manajemen pemasaran yang bersifat luas dan sangat penting. Fungsi ini harus mengumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang berhubungan dengan produk yang ingin dijual, mulai dari harga jual yang diinginkan oleh konsumen dan kondisi pasar secara keseluruhan.

Dari ke lima fungsi tersebut, fungsi yang paling penting adalah informasi pasar karena sangat berpengaruh besar dengan keuntungan dan strategi perusahaan.

Konsep Dasar Kegiatan Pemasaran

konsep dasar manajemen pemasaran

www.yourarticlelibrary.com

Selain fungsi, manajemen pemasaran memiliki 3 konsep yang perlu diketahui. Berikut adalah 3 konsep dasar kegiatan pemasaran:

Konsep Produksi

dalam konsep produksi, konsep ini memiliki pendapat bahwa konsumen akan menyukai dan membeli produk yang tersedia dimana-mana dan memiliki harga yang lebih murah. Konsep ini mengarah pada produksi untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distibusi yang luas.

Konsep Produk

Konsep produk berpendapat bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang memiliki mutu, performa dan ciri-ciri yang terbaik.

Konsep Penjualan

Konsep penjualan memiliki pendapat bahwa organisasi atau perusahaan harus melakukan upaya penjualan dan promosi yang lebih agresif agar konsumen lebih menyukai produk tersebut.


Itu lah pengertian, fungsi dan konsep dasar dari manajemen pemasaran. Setelah ini mungkin anda akan lebih tertarik dengan manajemen pemasaran dan mempelajarinya lebih mendalam. Semoga ilmu ini akan bermanfaat bagi kita semua.

No Responses

Add Your Comment