Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap!

Author: | Posted in akutansi, Teknologi No comments

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN – Sekarang kita hidup di zaman teknologi, dan pastinya sekarang kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya teknologi modern.

Salah satu kegunaan teknologi dalam bidang manajamen adalah sistem informasi manajemen. Manajemen ini berbeda dengan yang lain, apabila manajemen lain berdiri sendiri tetapi untuk sistem informasi manajemen lebih digunakan untuk mensupport manajemen yang lainnya.

manajemen infomasi

www.mapungubwetravel.co.za

Tetapi, walaupun lebih banyak digunakan untuk mensupport , sistem manajemen informasi adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan besar.

Karena sistem informasi manajemen sangat membantu mereka dalam mecari informasi yang dibutuhkan oleh manajemen lainnya seperti membantu manajemen keuangan dalam mencari informasi dana yang dibutuhkan.

Mungkin kamu ingin tahu apa sih sistem informasi manajemen itu, dan bagaimana sih menurut para ahli dibidang manajemen tentang sistem informasi manajemen.

Yuk, kita langsung masuk ke pembahasan artikel ini…

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum

Sistem informasi manajemen secara umum

www.iear.ro

Sistem Informasi manajemen (SIM) atau dalam bahasa inggris management information system (MIS) adalah sebuah sistem yang merencanakan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang terkait dengan pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi guna memecahkan masalah bisnis mulai dari biaya produk layanan sampai strategi bisnis.

Dan sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi umum karena sistem informasi manajemen berfokus kepada kegiatan operasional organisasi atau perusahaan.

Setelah mengetahui pengertian sistem informasi manajemen secara umum mungkin kamu sudah terbayang akan pekerjaan seorang manajer sistem informasi.

Tetapi bagaimana pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli?

Apakah mereka memiliki pendapat yang sama dengan pengertian sistem informasi manajemen secara umum?

Mari kita lihat pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

sistem informasi manajemen menurut para ahli

satujam.com

Ada banyak ahli manajemen yang mengutarakan pengertian sistem informasi manajemen, tetapi kita akan membahas para ahli yang sangat terpercaya dibidang ini.

Berikut pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli:

1. Pengertian Manajemen Menurut Gordon B. Davis (1991)

Menurut Davis sistem informasi adalah sebuah sistem yang menerima input data dan intruksi, mengolah semua data sesuai dengan intruksi yang diberikan dan mengeluarkan hasilnya.

Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi mempunyai alur tertentu, mulai dari proses input hingga menjadi suatu output yang bermanfaat.

2. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Bodnar dan Hopwood

pengertian sistem informasi manajemen menurut Bodnar dan Hopwood dalam bukunya yaitu Accounting Information System disampaikan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mengubah data dalam bentuk informasi yang berguna.

3. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Turban, McLean, dan Waterbe

Dalam bukunya yang berjudul Infomation Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages mereka berpendapat bahwa sistem informasi manajemen adalah sistem yang mengumpulkan, menjalankan, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi dengan tujuan yang spesifik.

4. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Azhar Susanto

Azhar berpendapat bahwa sistem adalah kumpulan dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik itu fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lainnya dalam pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan yang berkelanjutan


Itulah pengertian sistem informasi manajemen secara umum maupun dari para ahli.

Tetapi, apabila kamu ingin menjadi seorang manajer bukan itu saja yang kamu perlu ketahui. Kamu harus mengetahui lebih mendalam soal manajemen.

Apabila kamu tertarik kamu bisa membaca pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli lengkap ini.

Di dalam artikel tersebut kamu akan dijelaskan pengertian manajemen itu sendiri dan pengetahuan tentang manajemen lainnya seperti fungsi manajemen, jenis-jenis manajemen, hingga sejarah manajemen.

Tetapi apabila kamu lebih ingin mendalami tentang sistem informasi manajemen kamu bisa melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai.

Selanjutnya kita akan membahas tentang tujuan dari sistem informasi manajemen.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

fungsi sistem informasi manajemen

emaze.com

Berikut adalah tujuan dari sistem informasi manajemen.

  1. Menyediakan sebuah informasi yang dijadikan referensi dalam mengabil suatu keputusan.
  2. Menyediakan sebuah informasi yang digunakan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan yang berkelanjutan.
  3. Menyediakan sebuah informasi yang digunakan di dalam suatu perhitungan seperti harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang mungkin diinginkan oleh manajemen perusahaan atau organisasi.

Dari tiga tujuan di atas kita bisa melihat bahwa manajer lainnya perlu mengakses informasi yang disediakan oleh seorang manajer sistem informasi. Informasi tersebut akan membantu mereka dalam mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya.

Setelah tahu tujuan sistem informasi manajemen, mungkin kamu akan kembali terbayang bagaimana tugas seorang manajer sistem informasi.

Apabila kamu ingin mengetahuinya kamu bisa membacanya di kembar.pro, tetapi apabila kamu malas untuk membukanya kamu bisa melanjutkan membaca artikel ini karena kita akan membahas itu juga.

Yuk kita lanjutkan artikel ini ke pembahasan selanjutnya…

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Ada beberapa contoh dari sistem informasi manajemen. Berikut adalah contoh-contohnya:

1. Enterprise Resource Planning  (ERP)

Sistem ERP biasanya dipakai oleh beberapa perusahaan besar untuk mengelola manajemen dan menjalankan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang keuangan, accounting, sumber daya manusia, pemasaran, operasional, dan pengelolaan persediaan.

2. Supply Chain Management (SCM)

Sistem SCM sangat bermanfaat untuk pihak manajemen yang dimana data-data yang disediakan terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari suplier, produsen, pengecer hingga konsumen pengguna terakhir.

3. Transaction Processing System (TPS)

TPS digunakan untuk memproses daya dalam jumlah besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa digunakan untuk manajemen gaji dan inventaris.

4. Office Automation System (OAS)

contoh OAS system

www.sistembel.com

OAS adalah sistem aplikasi yang digunakan untuk melancarkan hubungan antar dapartemen dalam sebuah perusahaan dengan cara mengintedrasikan server-server komputer yang ada di dalam perusahaan tersebut. Contoh dari OAS adalah E-mail.

5. Knowledge Work System (KWS)

KWS adlaah sistem informasi yang mengitegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi atau perusahaan. Tujuannya adalah agar para ahli bisa menerapkannya ke dalam pekerjaan mereka.

6. Informatic Management System (IMS)

IMS digunakan untuk mendukung tugas-tugas dalam organisasi, dan IMS juga bisa digunakan untuk membantu menganalisis pembuatan keputusan. Sistem ini juga bisa menyatukan beberapa fungsi informasi menggunakan program komputerisasi, seperti E-procurement.

7. Decision Support System (DSS)

Sistem DSS membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan. Contohnya, Link Elektronik di sebuah sekolah, yang berguna untuk mengamati pendapatan atau pendaftaran untuk siswa baru setiap tahunnya.

8. Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)

Pada dasarnya sistem ini menggunakan kecerdasan buatan yang berguna untuk menganalisis pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan dari tenaga ahli yang sudah diprogram ke dalam sistem tersebut.

9. Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work System (CSCWS)

Sistem ini hampir sama dengan DSS, tetapi GDSS mencari solusi dengan mengumpulkan pengetahuan dalam satu kelompok dan bukan individu. biasanya berbentuk kuesioner, skenario, dan konsultasi.

10. Executive Support System (ESS)

Sistem ini berguna untuk membantu manajer dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan hanya dengan berpegang pada grafik dan media pendukung hubungan lainnya.


Itulah pengertian sistem informasi manajemen beserta fungsi dan contohnya. Apabila menurut kamu ada sesuatu dari artikel ini yang salah, tolong beritahu kami di kolom komentar.

Semoga ilmu yang kita bahas kali ini bisa bermanfaat dan bisa disebarkan sebagai amal jariyah.

Sekian dari kami, terima kasih telah membaca.

Add Your Comment