Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Generasi ke Generasi Lengkap!

Author: | Posted in sejarah, Teknologi No comments

Sejarah Komputer – Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data. kata komputer pertama kali digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya menghitung hitungan aritmatika. Komputer pertama kali digunakan pun hampir semuanya berhubungan dengan aritmatika.

Saat ini komputer sudah semakin canggih, tetapi, ada 5 generasi komputer sebelum komputer canggih seperti saat ini bermunculan.

ini dia sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer Z3

Komputer z3

www.ilmu-komputer.id

Karena terjadinya perang dunia kedua, banyak negara- negara yang terlibat dengan perang berusaha mengembangkan komputer. Pada tahun 1941, konrad Zuse, seorang insinyur berkewarganegaraan jerman membuat komputer yang digunakan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Dan komputer itu dinamakan Z3.

Colossus

sejarah komputer colossus tahun 1943

slideplayer.pl

Pada tahun 1943, inggris menyelesaikan sebuah komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Komputer ini dinamakan colossus. Akan tetapi, Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan dunia komputer karena dua alasan. Pertama, colossus bukan komputer sebaguna, colossus hanya digunakan untuk memecahkan kode dari jerman. Kedua, Colossius dijaga kerahasiaannya selama satu dekade setelah perang dunia kedua.

Mark I IBM

Sejarah Mark I IBM

jun.mhs.narotama.ac.id

Howard H . Aiken (1900-1973), Seorang insinyur dari harvard bekerja sama dengan IBM, mereka berhasil membuat kalkulator elektronik yang digunakan oleh US Navy. Luas kalkulator tersebut sama dengan setengah lapangan bola tendang dan memiliki kabel sepanjang 500 mil. komputer ini dinamakan Mark I (The harvard-IBM automatic sequence controlled calculator), Mark I merupakan komputer relai elektronik.

Komputer ini menggunakan elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekaniknya. Komputer ini beroprasi dengan lambat, membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan urusan kalkulasi tidak dapat diubah ( tidak fleksibel).

ENIAC

sejarah ENIAC sebagai komputer tua

en.wikipedia.org

John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) membuat komputer serbaguna yang dinamakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC berkerja 1000 kali lebih cepat dibanding dengan Mark I. ENIAC dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika serikat dengan University of Pennsylvania. Komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Komputer tersebut mengkonsumsi daya sebesar 160 KW.

EDVAC

EDVAC dan sejarahnya

uncyclopedia.wikia.com

John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim Universidy Of pennsylvania dalam membangun konsep teknik komputer yang akan digunakan hingga 40 tahun kedepan.

Pada tahun 1945 Von Nuemann berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung program dan data.

Von Nuemann menggunakan Central Processing Unit (CPU) untuk kunci utamanya, yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk koordinasi melalui satu sumber tunggal.

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) menjad komputer komersial pertama yang menggunakan model Von Neumann tersebut. UNIVAC berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan president pada tahun 1952.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948 tube vakum digantikan dengan transistor yang membuat mesin-mesin elektrik memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi satu. Transistor digunakan pada komputer mulai tahun 1956.

LARC

Komputer pertama pada generasi kedua

www.computer-history.info

Sprery-Rand membuat komputer yang bernama LARC yang digunakan untuk laboratorium energi atom, komputer ini dapat menangani sejumlah besar data dan laboratorium energi atom sangat diperlukan oleh peneliti atom. Hanya ada dua LARC yang pernah digunakan. Pertama, digunakan oleh Lawrence Radiation labs di livermore. Kedua, Us Navy Research and Development center Washington D.C.

pada tahun 1960-an sudah bermunculan komputer yang digunakan untuk bisnis, universitas, dan permerintahan. Komputer-komputer ini sudah sepenuhnya menggunakan transistor. Komputer-komputer ini pun memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer zaman ini seperti : Printer dan Disket.

Beberapa bahasa komputer bermunculan saat generasi kedua ini seperti, Bahasa pemrograman Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman menggantikan kode mesin dengan dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah manusia pahami.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Transistor untuk komputer

en.wikipedia.org

Kekurangan transistor adalah menghasilkan panas yang besar hingga dapat merusak bagian dalam komputer. Pada tahun 1958 Jack kilby, seorang insinyur dari texas instrument, mengembangkan sikuit integrasi (IC : integrated circuit) menggunakan batu kuarsa. IC mengkombinasikan tiga komponen kedalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan Akhirnya dapat memasukan lebih banyak komponen kedalam sebuah chip tunggal yang disebut semikonduktor.

Salah satu kemajuan komputer pada generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (OS) yang memungkinkan komputer untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengkoordinasi memori dalam komputer.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi ke empat

8bit.yarek.pl

Setelah IC, Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dan Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat memuat ribuan komponen ke dalam sebuah chip tunggal dibuat.

Setelah itu, Ultra Large Scale Integration (ULSI) yang dapat memuat jutaan komponen ke dalam sebuah chip tunggal dibuat. Pembuatan ULSI mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.

Pada tahun 1971 intel membuat chip intel 4004 yang membawa kemajuan pada IC dengan meletakan seluruh komponen yang ada dalam komputer ke dalam sebuah chip kecil.

pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk mikrokomputer kemasyarakat umum. Mikrokomputer dijual dengan perangkat lunak yang lebih mudah digunakan oleh masyarakat awam. Pada saat itu perangkat lunak yang digunakan adalah word processing dan spreadsheet.

Pada awal 1980-an video game mulai bermunculan. Seperti, atari 2600 yang membuat konsumen tertarik dengan komputer rumahan yang lebih canggih.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) yang digunakan di rumah, sekolah, dan kantor. Komputer melanjutkan evolusinya ke ukuran yang lebih kecil seperti, Desktop Computer, Laptop, dan Palmtop.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

Generasi ke lima adalah komputer masa depan

villains.wikia.com

Komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. HAL9000 digambarkan dengan kecerdasan yang cukup memiliki kenalaran untuk melakukan percakapan dengan manusia.

Walaupun HAL9000 adalah fiksi, banyak fitur-fitur yang terdapat pada HAL9000 yang sudah terwujud pada saat ini. Komputer saat ini sudah dapat mengerti bahasa manusia dan sudah dapat memprogramkan aplikasinya dengan suara dari manusia.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam pembuatan komputer generasi kelima.  Lembaga ICOT (institute for New Computer Technology) juga membantu merealisasikannya.

Dari beberapa informasi yang didapatkan bahwa apabila komputer generasi kelima berhasil dibuat, komputer ini akan membawa perubahan baru pada paradigma komputerisasi di seluruh dunia.


Nah, itu dia sejarah komputer generasi 1 sampai 5. Bagaimana? Hebat bukan, mereka bisa mengembangkan komputer dari yang sangat sederhana sampai menjadi seperti sekarang ini.

Kamu juga bisa melihat artikel tentang negara dengan teknologi paling maju untuk menambah pengetahuan kamu.

Sekian dari admin, selamat membaca.

Tags:

Add Your Comment