Sinopsis Novel Surat kecil untuk Tuhan dan Unsur Intrinsiknya, Agnes Devonar

Author: | Posted in edukasi No comments

Sinopsis Novel Surat Kecil untuk Tuhan – Surat kecil untuk tuhan adalah salah satu novel yang sangat terkenal karena diambil dari kisah nyata dan novel ini juga telah dijadikan layar lebar.

sinopsis novel surat kecil untuk tuhan

goeroehnewrockz.blogspot.co.id

Kali ini kita akan membahas semua yang berhubungan dengan novel surat kecil untuk tuhan. Sinopsis novel surat kecil untuk tuhan ini akan admin sajikan secara lengkap dan jelas, mulai dari jalan cerita hingga perwatakan tokoh-tokohnya.

Nah, dari pada kita menunggu lama, lebih baik kita langsung masuk ke dalam pembahasan.

Sinopsis Novel Surat kecil untuk Tuhan dan Unsur Intrinsiknya

Identitas Buku

Penulis : Agnes Devonar
Penerbit : Inndra Published
Tahun Terbit : 2008
Jumlah Halaman : 232

Sinopsis Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Buku yang diambil dari kisah nyata ini menceritakan ulang tentang cerita menyedihkan seorang gadis SMP berusia 13 tahun yang bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau lebih dikenal sebagai Keke. Ia terkena sebuah penyakit langka bernama Rabdismiosarkoma atau lebih dikenal sebagai kanker jaringan lunak.

Keke adalah orang pertama yang terkena penyakit tersebut di indonesia. Tetapi, hal ini yang cerita ini menjadi sangat menggugah. Ia divonis terkena penyakit mengerikan tersebut saat di usia 13 tahun dan hanya dalam jangka waktu 5 hari saja.

Penyakit kanker tersebut lama-kelamaan merubah paras Keke yang masih belia menjadi sesuatu yang tidak enak untuk di pandang. Mungkin bagi anak-anak seumurannya, wajah keke terlihat seperti monster.

Di dalam buku ini penulis menuliskan perjuangan keke dalam melawan penyakit yang ia derita. Meskipun di dalam buku ini ada beberapa bagian yang terlalu memaksakan adanya pesan moral yang masuk dalam dialog tokoh, sehingga justru mengacaukan setting yang seharusnya bisa sangat bagus.

Perjuangan Keke dalam menghadapi penyakitnya sempat berbuah manis, karena dokter berhasil menyembuhkan penyakitnya. Dan dalam hal ini menjadi salah satu prestasi yang dapat dibanggakan oleh Indonesia karena menjadi perbincangan di dunia.

Banyak yang bertanya bagaimana penyakit yang sangat ganas itu bisa disembuhkan. Tetapi, akhirnya pertanyaan itu terjawab, karena pada akhirnya Keke hanya “sembuh sementara”.

3 tahun setelah Keke sembuh dari kanker jaringan lunak tersebut, penyakit ganas tersebut kembali menyerang tubuh  Keke. Dan Keke pun sudah sadar bahwa hidupnya sudah tidak dapat ditolong. Akhirnya dia meninggal pada tanggal 26 desember 2006.

Sebelum meninggal Keke sempat membuat surat yang akhirnya menjadi inspirasi judul novel ini, yaitu “surat kecil untuk tuhan”. Berikut adalah isi surat yang dituliskan Keke:

Tuhan…….
Andai aku bisa kembali
Aku tak ingin ada tangisan di dunia ini

Tuhan…….
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang terjadi padaku
terjadi pada orang lain

Tuhan…….
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu

Tuhan…….
Bolehkan aku memohon satu hal kecil pada-Mu

Tuhan……
Biarkan aku bisa melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya

Unsur Intrinsik Sinopsis Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

novel surat kecil untuk tuhan

semangatines.wordpress.com

A. Tema

Tema yang diambil dari novel surat kecil untuk tuhan ini adalah menceritakan tentang seorang gadis yang berjuang dalam menghadapi penyakitnya yang sangat ganas.

B. Tokoh dan Watak Tokoh Surat Kecil Untuk Tuhan

1. Keke : Sabar, tidak mudah menyerah dan tabah “Aku adalah Keke yang kuat dan selalu berjuang dalam keadaan apapun” Surat kecil untuk tuhan -19-

2. Ayah Keke : tidak mudah menyerah, baik hati dan perhatian “Ayah sungguh luar biasa, tidak ada kata pantang menyerah darinya untuk menyelamatkan hidupku.” -21-
“Aku mengerti apa yang Ayah lakukan untuk kebaikanku” -15-

3. Andy : sabar dan baik hati ” Dia datang membawa obat-obatan yang harus ku makan” -19-

4. Kak Kiki :  pandai “sedangkan Kiki, kakakku ke-dua sibuk dengan kerajaan pendidikan dia. Anaknya rajin dan pandai sekali. Terkadang setiap aku mengalami kesusahan dalam pelajaran sekolah. Dia yang terdepan menjadi guru privatku.” -2-

5. Prof. Hata : baik hati “Pak Hata terlihat ramah pada jumpa pertamaku. Sobat, tahukah apa yang terjadi ketika Aku bertemu dengannya? Hatiku terasa senang. Orangnya hangat dan baik.” -21-

C. Sudut Pandang

Sudut pandang yang ada pada novel surat kecil untuk tuhan ni digunakan oleh penulisan adalah sudut pandang orang pertama. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara penggunaan kata “aku” dalam novel tersebut.

D. Latar Tempat

1. Rumah sakit : “Dan mereka pun berjanji di sebuah rumah sakit tempat Pak Hata akan praktek” -21-

2. Sekolah : “Karena kami adalah kelompok paling ngetop dan menghebohkan di sekolah kami.”-4-

3. Rumah : “Setelah tiba dirumah, Ayah menyuruhku untuk masuk ke kamar dan beristirahat.”

E. Latar Suasana

kisah nyata surat kecil untuk tuhan

viva.co.id

1. Sedih : “Air mataku mengalir dan rasa sedih mendalam merasuki seluruh ragaku. Selama ini Aku bukanlah terserang tumor. Namun Kanker. Hal yang kutahu akan penyakit ini! Penyakit mematikan! Penyakit menakutkan! Banyak hal yang kutahu akan penyakit ini namun tak pernah kuduga Aku pun harus mengalami duka ini. ”

F. Amanat

Dari Sinopsis novel surat kecil untuk tuhan ini kita dapat mengambil amanat tau hikmah yaitu :

  • Kita harus sabar menghadapi semua cobaan dan kita harus terus berfikir positif terhadap semua yang terjadi pada kita.
  • Semangat dalam bertahan hidup yang sangat keras dan pantang menyerah terhadap penyakit
  • Semua rencana tuhan pasti baik dan pasti ada hikmahnya, maka kita harus menerimanya dengan ikhlas dan tabah.

Itu adalah sinopsis novel surat kecil untuk tuhan dan unsur intrinsiknya secara lengkap. Kamu bisa mengambil banyak hikmah dari novel ini.

Kamu juga bisa download novel surat kecil untuk tuhan disini.

Sekian dari saya, selamat membaca dan menikmati bacaan kalian.

Add Your Comment